by

Menuju ASN Berakhlak

OLEH: Edi Abdullah/ Penulis Buku The Power Of Coaching

Presiden RI Joko Widodo, resmi melaunching program ASN Ber-AKHLAK secara Virtual Beberapa waktu lalu. ASN Ber-AKHLAK akan menjadi Core Values bagi ASN untuk dijadikan pedoman dan menjadi standarisasi bagi semua ASN di Negara ini untuk dijadikan Panduan nilai dan Budaya Kerja dalam organisasinya, Yang dikenal dengan sebutan BerAKHLAK Bangga MelayanI.

Selama ini tentunya kita sadari berbagai kementerian, lembaga bahkan pemerintah daerah, masing-masing memiliki core velues atau nilai organisasi yang berbeda satu dengan lainnya. Hal inilah yang kemudian bisa memicu ASN yang bekerja dalam lembaga, kementerian dan pemerintah daerah memiliki cara bekerja dan berprilaku yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, padahal seharusnya mereka memiliki keselarasan dalam bekerja, nilai orgaisasi atau core value tidak harus berbeda karena tujuan utama pemerintahan Jelas tamaktub dalam UUD NRI Tahun 1945.

Pada Aline ke-4 Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, jelas sekali tertera mengenai tujuan Pemerintahan yang ingin dicapai Bangsa Indonesia yakni Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan bangsa dan Ikut melaksanakan Ketertiban dunia yang berdasarkan Kemerdekaan, Perdamaian Abadi dan Keadilan sosial.

Dengan tujuan yang sama maka memang seharusnya budaya kerja dan core values sebuah kelembagaan, Kementerian dan Pemerinta Daerah tidak semestinya saling berbeda karena sejatinya mereka memiliki Tujuan yang sama mengantarkan bangsa ini menuju pada keadilan dan kemakmuran, sebaliknya harus melakukan Kolaboratif untuk mencapai Tujuan bersama.

Dengan adanya Core Values BerAKHLAK bagi ASN akan mampu menyatukan prinsip dan Belief system yang dianut seorang ASN sehinggah akan berdampak pada ego linstas sektoral tidak terjadi lagi pada suatu kelembagaan yang beranggapan Instansinya yang terbaik dibandingkan instansi lainnya, Kementerian maupun Pemerintahan Daerah harus saling bersinergi, adanya Core Values BerAKHLAK akan menyatukan sikap dan perilaku ASN.ASN akan memiliki sikap,perilaku dan Budaya kerja yang sama dalam Melaksanakan fungsinya sebagai ASN yakni Memberikan Pelayanan Publik, melaksanakan Kebijakan Publik serta Menjadi Perekat dan Pemersatu Bangsa.

News Feed