by

Tim Unhas Galakkan Gerakan Kewirausahaan di Takalar

KORAN.FAJAR.CO.ID, TAKALAR –- Universitas Hasanuddin (Unhas) senantiasa mengambil peran dalam kegiatan nasional, salah satunya dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Gerakan ini  merupakan kerja sama  dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK). 

Melalui Forum Rektor Indonesis (FRI) dalam rangka implementasi merdeka belajar untuk kewirausahaan, memilih Desa yang bergotong royong di Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, awal September 2021.

Ketua Pelaksana Kegiatan GNRM, Ida Leida mengatakan Tim Unhas mengadakan kegiatan pertemuan dengan pemuda di Kecamatan Mangarabombang Takalar.  Kemudian dilakukan Sosialisasi tentang Kewirausahaan Desa.

“Jadi, kami lakukan pembangunan pelatihan lewat sosialisasi tersebut yang harapannya dan tujuannya akan mencetak  Enterpreneur Muda di desa tersebut,” ungkap Ida Leida, Senin (6/9). 

Menurut perempuan yang juga Direktur Pendidikan Universitas Hasanuddin ini, beberapa output yang diharapkan. Salah satunya, dapat menumbuhkan semangat wirausaha pada pemuda-pemudi di Kecamatan Mangarabombang. “Ini dapat mendorong kemajuan perekonomian pada masyarakat Mangarabombang, khususnya pada masyarakat kelompok tani,” terangnya.

Selain itu, kelompok pemuda di desa tersebut diajarkan bagaimana melakukan Kewirausahan melalui cara bercocok tanam Hidroponik.

Sementara itu, Camat Mangarabombang, Syahrir Mile mengatakan, tim Unhas melakukan pendampingan mewirausahaan dengan baik. Mulai dari tahap awal dengan sosialaisasi dan penyuluhan tentang apa itu GNRM. 

Kemudian, lanjut Syahrir, sosialisasi apa kegiatan yang cocok dilakukan yang bisa menghasilkan. “Tak hanya itu, masyarakat juga diberi kiat hidroponik sebanyak 10 paket. Ini yang akan dikembangkan,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Syahrir, akan dilakukan pendampingan terus menerus sampai pada panen oleh  tim mahasiswa Unhas. Lalu dibantu untuk memasarkan produk.

Narasumber Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), Andi Edwin Parawansyah mengatakan, sangat penting bagi pemuda untuk menjadi wirausaha muda, maka sangat diperlukan semangat dan motivasi yang tinggi dengan mengacu pada nilai-nilai integritas. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed