by

Unhas dengan Bappenas Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan I

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan I.

Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (6/9).

Ketua P2KP Unhas Prof. Dr. Sangkala, M.Si, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini diikuti 20 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Para peserta memperoleh 136 jam pelajaran yang akan berlangsung selama tujuh pekan dari 6 September hingga 22 Oktober mendatang.

“Ini tahun kedua kita menyelenggarakan pelatihan secara daring. Dibutuhkan konsentrasi dan daya tahan tubuh yang kuat, mengingat kegiatan berlangsung selama beberapa pekan. Peserta akan memperoleh tiga materi utama mengenai spasial, sosial dan ekonomi,” jelas Prof. Sangkala

Kegiatan resmi dibuka oleh Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi atas kepercayaan yang diberikan oleh Bappenas untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan. Dirinya mengatakan, P2KP Unhas memiliki kurikulum dan berbagai persiapan pelatihan yang memenuhi standar.

Lebih lanjut, Prof. Nasaruddin menambahkan Unhas siap memberikan dukungan dan bantuan sesuai kapasitas yang dimiliki dalam mendukung sumber daya manusia berkualitas. Dengan pelatihan seperti ini, diharapkan semakin banyak tenaga fungsional yang memiliki kualifikasi tinggi dan kontribusi terbaik untuk peningkatan unit atau Lembaga yang menaunginya.

“Setelah memperoleh sertifikat, para peserta juga sudah termasuk dari para alumni Unhas. Olehnya itu, sekiranya dapat tetap menjaga nama baik almamater. Setelah menyelesaikan pelatihan, kami berharap peserta mampu memberikan pelayanan terbaik di instansi masing-masing,” jelas Prof. Nasaruddin.

Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah untuk memberikan pemahaman serta kemampuan analisis yang lebih baik kepada para peserta sebagai calaon pejabat fungsional. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed