by

Fakultas Keperawatan Unhas Bahas Psikososial Covid-19

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Psychosocial impacts of Covid-19 and Their Implication in Nursing Education: Lesson Learned From United Arab Emirate”.

Kegiatan ini merupakan Webinar Diaspora Series 2 sebagai bagian dari program World Class University Universitas Hasanuddin, berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (6/9).

Kuliah umum menghadirkan Muhammad Arsyad Subu, Ph.D., RN dari Departemen of Nursing, College of Health Science, University of Sharjah – United Arab Emirates, Faculty of Health Sciences – University of Ottawa ON, Canada, sebagai pemateri.

Dekan FKep Unhas Dr. Ariyanti Saleh, S.Kep., M.Si., menyampaikan bahwa Fkep Unhas berupaya terlibat dalam berbagai kegiatan, guna mendukung pencapaian World Class University. Kegiatan ini bertujuan memperoleh dan meningkatan akreditasi internasional serta menjalin kerja sama dengan kemitraan luar negeri.

“FKep telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra kampus luar negeri untuk memfasilitasi mahasiswa melalui program internasional exposure dan berkontribusi dalam peningkatan publikasi internasional,” jelas Dr. Ariyanti.

Kuliah umum secara resmi dibuka oleh, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi melalui kuliah umum Diaspora berseries.

Prof. Nasrum berharap kuliah umum ini bisa terus berlangsung dalam rangka meningkatkan capaian Unhas sebagai World Class University.

“Kita harap bersama, nantinya akan semakin banyak menghadirkan kolaborasi riset proposal untuk mendapatkan pengakuan akreditasi internasional, guna meningkatkan capain mutu pendidikan Unhas,” jelas Prof. Nasrum.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Muhammad Arsyad Subu, Ph.D., RN. Dalam materinya, membahas perkembangan psikososial seseorang selama masa pandemi Covid-19 yang menimbulkan beban ekonomi dan manifestasi kerugian finansial di berbagai lapisan masyarakat.

Saat menghadapi masa pandemi, perubahan yang terjadi juga mempengaruhi kesehatan mental bagi pasien, tenaga medis dan keluarga. Sehingga dibutuhkan pemberian penanganan intervensi psikososial yang sesuai dengan gangguan mental yang dialami untuk membantu pemulihan pasien. Intervensi psikososial dapat dilakukan baik perorangan maupun kelompok.

News Feed