by

FMIPA Unhas Bahas Statistik Analisis Genom Inang Covid-19

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Webinar Diaspora Series 3” bertema “Statistical Analysis of Covid-19 Host Genomes”.

Kegiatan yang menghadirkan Dr. Beben Benyamin (Dosen Senior, Australian of South Australia) sebagai narasumber berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (6/9).

Mengawali kegiatan, Dekan FMipa Unhas Dr. Eng Amiruddin, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas ketersediaan narasumber. Dirinya mengatakan, kegiatan seperti ini selain menjadi sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi, juga sebagai salah satu strategi peningkatan kerja sama dan membuka akses jaringan yang meluas.

Kegiatan resmi dibuka Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D. Beliau mengatakan materi yang dibahas sangat menarik untuk didiskusikan. Sebagai perguruan tinggi, Unhas terus memaksimalkan kontribusi dan peran aktif terhadap penanganan Covid-19.

Lebih lanjut, Prof. Nasrum menambahkan Webinar Diaspora Series merupakan program yang digagas oleh bidang riset dan inovasi dengan tujuan menguatkan Unhas sekaligus menjangkau banyak mitra baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, beliau juga mengatakan webinar dengan menghadirkan berbagai narasumber dapat dimanfaatkan sebagai sarana membuka jalan kemitraan berbagai hal seperti kolaborasi riset hingga pertukaran mahasiswa asing.

“Kami berharap kegiatan seperti ini benar-benar dimanfaatkan oleh para peserta. Semua fakultas nantinya akan menghadirkan kegiatan serupa sesuai disiplin ilmu masing-masing. Kuliah tamu terselenggara selain sebagai salah satu rangkaian dies natalis Unhas, juga bertujuan menjangkau banyak kemitraan,” jelas Prof. Nasrum.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Beben memberikan gambaran mengenai Covid-19 berdasarkan pada beberapa aspek kajian seperti proses penularan hingga pengaruh lingkungan yang juga menjadi salah satu faktor penyebab penularan. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan tentang metode memetakan gen yang berkaitan dengan suatu sifat atau penyakit dengan memanfaatkan penanda genetic pada seluruh genom.

Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan yang dipandu oleh Sri Astuti Thamrin, M.Stat., Ph.D (Dosen Statistika FMipa Unhas) selaku moderator diikuti sekira 400 peserta. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed