by

Pupuk Kaltim Sumbang 50 Tabung Oksigen dan Regulator

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) salurkan 50 tabung oksigen beserta regulator kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), guna mendukung penanganan pasien Covid-19. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta, kepada Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, pada Senin (6/9).

Diungkapkan Hanggara, bantuan ini adalah bagian dari program PKT Proaktif, sesuai amanah Kementerian BUMN agar perusahaan turut andil dalam penanggulangan Covid-19, sekaligus implementasi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003, tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan.

Bantuan 50 tabung oksigen ini berdasarkan permintaan Pemerintah Provinsi Sulsel, melihat kebutuhan oksigen masyarakat yang terbilang tinggi namun ketersediaan tabung masih sangat kurang. Tabung oksigen dari PKT pun adalah hasil rekondisi tabung milik Perusahaan, karena pengadaan baru yang cukup sulit di tengah kondisi saat ini.

Bahkan, harus diimpor melalui Kementerian Perindustrian dengan proses pengadaan dan waktu yang lebih lama. “Karena tabung oksigen di Sulsel bersifat urgent, PKT melakukan rekondisi tabung milik Perusahaan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Apalagi pengadaan tabung baru butuh effort dan waktu, karena ketersediaannya sangat kurang di mana-mana,” terang Hanggara.

Namun begitu, PKT akan terus berupaya maksimal membantu ketersediaan tabung oksigen dan regulator bagi masyarakat, mengingat kebutuhan oksigen medis yang masih cukup tinggi. Bahkan PKT kini telah memproduksi oksigen secara mandiri, untuk disalurkan bertahap ke berbagai rumah sakit agar tidak terjadi kelangkaan.

“Ke depan akan kita lihat kebutuhannya seperti apa. Apalagi PKT kini memproduksi oksigen sendiri, tinggal pengadaan tabung yang harus kita koordinasikan dengan Kementerian Perindustrian,” tambah Hanggara.

Sejauh ini PKT telah menyalurkan 3.000 lebih bantuan tabung oksigen medis di berbagai daerah, dimana program PKT Proaktif tak hanya terkonsentrasi untuk membantu penanggulangan Covid-19 di Kaltim saja, tapi juga masyarakat di berbagai daerah lainnya, utamanya di wilayah distribusi PKT.

Hanggara berharap bantuan oksigen medis tersebut bisa memberi manfaat besar, untuk penanganan pasien di Sulsel. Dirinya memastikan kontribusi PKT untuk pengendalian Covid-19 akan terus ditingkatkan melalui berbagai program, baik dukungan bagi pemerintah, petugas medis, hingga pemenuhan kebutuhan penanganan pasien di rumah sakit.

News Feed