by

Unhas dan University of Rhode Island Luncurkan Program Graduate Certificate dan Master Split Site

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama University of Rhode Island, Amerika Serikat, bekerja sama dalam pengembangan tridarma melalui program Graduate Certificate Natural Resource and Environment (NRE). Peluncuran program tersebut telah berlangsung Jumat (3/9) lalu, secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Direktur Pendidikan Unhas, Dr. Ida Leida Maria, SKM., M.KM., menjelaskan pada Selasa (7/9), progam kerja sama tersebut merupakan hasil dari proses diskusi panjang antara bidang akademik Unhas bersama University of Rhode Island dalam menjembatani program pendidikan untuk program studi S2 Ilmu Lingkungan.

“Setelah mahasiswa mengikuti program Graduate Sertificate NRE, diharapkan pada tahun berikutnya mereka akan mengikuti program split site master atau program double degree di Universitas Rhoode Island pada Master Environmental Science and Management (MESM),” jelas Ida.

Lebih lanjut, Ida menyampaikan program ini merupakan salah satu unggulan Unhas untuk meningkatakan reputasi di internasional. Graduate Sertificate dan Split Site Master adalah program kerja sama pertama antara Unhas dengan universitas di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Unhas telah memiliki program double degree dengan universitas lainnya di Australia  pada prodi Kesehatan Masyarakat, Majemen dan Akutansi.

“Dengan program ini diharapkan menjadi jembatan untuk kerjasama bidang lainnya, mengingat Unhas dan URI memiliki karakter wilayah yang mirip di daerah lautan dan maritim. Kita berharap program tersebut akan menjadi bagian dari pengembangan program studi S2 Ilmu Lingkungan untuk mengambil bagian dari internasionalisasi Unhas,” sambung Ida Leida.

Peluncuran program dihadiri oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA.), Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan (Prof. dr. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D) dan jajaran pimpinan Unhas lainnya.

Adapun dari Universitas Rhode Island dihadiri oleh Vice Provost for Global Initiatives (Professor Gifty Ako-Adounvo), Dean of College of the Environment and Life Sciences (Dr. John Kirby), Director, Education Partnerships Asia, URI (Mr. Brook Ross) serta Partnerships Manager IEP (Ms. Devi Diana) serta empat mahasiswa Unhas yang memperoleh beasiswa. (wis/mukhlis/fajar)

News Feed