by

PDAM Parepare Berubah Jadi Perumda, Apakah Bisa Mendongkrak Kinerjanya?

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Status PDAM akan diubah statusnya dari Perusahaan Daerah menjadi Perumda Air Minum Kota Parepare melalui Ranperda.

Dewan mendorong perubahan status harus membuat PDAM dapat berktrontribusi lebih maksimal. Proses tahapan menjadi Perumda Air Minum Kota Parepare masih terus bergulir. Pembahasannya sudah di bahas bersama antara Pemkot dan DPRD Parepare.

Sekda Parepare, Iwan Asaad menyampaikan, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat saat PDAM menjadi Perumda. Utamanya menjadi semakin profesional, mandiri dan mampu bergerak lebih lincah dalam berinovasi memenuhi kebetuhan air bersih bagi pelanggan.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan akan semakin meningkatkan investasi dan kerjasamanya dengan pihak lain sebagai bagian pemenuhan bukan hanya kebutuhan air bersih tetapi kualitas air yang semakin baik,” jelasnya.

Dalam pengembangan usaha nantinya setelah menjadi Perumda, PDAM akan membuka usaha air minum curah, air minum dalam kemasan, air sehat, bersih, berkualitas, dan tarif terjangkau. PDAM juga akan bekerja sama dengan swasta dan investor untuk meningkatkan PAD Parepare.

Ketua Pansus Ranperda Perumda Air Minum Kota Parepare, Kamaluddin Kadir menegaskan, pasca terpilihnya ia menjadi ketua pansus, ia langsung mengadakan rapat bersama para anggota.

“Senin (13 September) depan kita akan rapat pansus. Yang jelas pada intinya kita mau ini segera selesai,” paparnya.

Ketua Komisi 2 DPRD Parepare ini berharap agar dengan adanya perubahan status tersebut, kinerja PDAM menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Sumbangsih deviden juga menjadi lebih besar.

“Kiranya dengan jadi Perumda, PDAM semakin naik kinerjanya, baik dari segi pelayanan, operasional dan juga keuangan,” urainya. (abd)

News Feed