by

Rektor Resmikan Taman Lebah dan Unit Penerbitan Fakultas Kehutanan Unhas

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA meresmikan Taman Lebah “Awani Bee Garden”, sekaligus peresmian Unit Penerbitan Buku Fakultas Kehutanan yang diberi nama FORPRESS. Ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita oleh Rektor Unhas, didampingi Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Dr. Ir. A. Mujethaid, S.Hut., MP, Rabu (8/9).

Dekan Fakultas Kehutanan Unhas menyampaikan bahwa terdapat 133 koloni lebah madu yang dikembangkan di Fakultas Kehutanan yang berasal dari berbagai daerah, diantaranya dari Luwu Utara, Soppeng, serta dari pulau Jawa dan Sumatera.

“Salah satu jenis lebah madu yang saat ini dikembangkan adalah lebah madu trigona, yang memiliki keunikan yaitu pada siang hari keluar mencari makan dan akan kembali sendiri ketika malam hari,” jelas A. Mujetahid.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan bahwa Fakultas Kehutanan Unhas sangat aktif menghadirkan inovasi pengembangan pendidikan dengan menghadirkan Taman Lebah “Awani Bee Garden” sebagai pemanfaatan budidaya lebah madu.

“Selamat kepada Fakultas Kehutanan Unhas atas kinerjanya yang luar biasa, saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Fakultas Kehutanan, terima kasih kepada para dosen dan semua pihak atas kontribusi, semangat dan kerja kerasnya, semoga apa yang dilakukan saat ini menjadi semangat untuk fakultas lain,” jelas Prof. Dwia.

Setelah peresmian Taman Lebah “Awani Bee Garden”, kemudian dilanjutkan dengan peresmian Unit FORPRESS di Aula Fakultas Kehutanan Unhas. Dr. forest Muhammad Alif, S.Hut., M.Si selaku Ketua FORPRESS Fakultas Kehutanan Unhas menyampaikan bahwa unit ini hadir sebagai wadah melayani pengetahuan terkait kehutanan secara umum.

“Tujuan kami menghadirkan FOPRESS adalah membantu para akademisi dan khalayak umum untuk menyajikan hasil penelitiannya serta telaah kritisnya, dan juga karya-karya yang sifatnya praktis dan dapat digunakan secara langsung oleh pemerintah, industri dan masyarakat,” jelas Dr. Alif.

Peresmian Taman Lebah “Awani Bee Garden” dan Unit Penerbitan Buku FORPRESS Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin juga dihadiri oleh jajaran sivitas akademika Fakultas Kehutanan. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed