by

Bidang Susur Gua Korpala Unhas Mengadakan Simulasi

-Event, Kampusiana-1,017 views

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Korps Pencinta Alam (Korpala) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan simulasi penelusuran Gua untuk persiapan Ekplorasi Tangkelemboke di Sulawesi Tenggara.

Simulasi ini dilakukan di Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Desa Semangki, Kec. Simbang, Kab. Maros,  Sulawesi Selatan tepatnya ± 50 kilometer dari Kota Makassar.

Simulas ini akan dilaksanakan sejak tanggal 10 hingga 12 September 2021 berlangsung selama 3 hari. Dalam simulasi tersebut akan dilakukan pemetaan gua, survey gua mengenai potensi dan hidrologi gua, Self Rescue serta Rescue Grup.

Anggota Korpala Unhas yang berpartisipasi dalam kegiatan simulasi ini berjumlah 6 orang dimana 3 orang atlet atas nama Richardi dari Fakultas Pertanian,  Muh. Ilham dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Nur Akram A.N dari Fakultas Ilmu Budaya.

Empat orang lainnya, sebagai tim pendukung, di antaranya Rizky dari Fakultas Ilmu Budaya, Walad dari Fakultas Kehutanan, Ma’ruf dari Fakultas Ilmu Kelautan, dan Fauzan dari Fakultas Kehutanan. Keenam anggota tersebut merupakan Mahasiswa aktif di Universitas Hasanuddin dari beberapa Fakultas.

Kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan tim sebelum berangkat ke Sulawesi Tengara serta mensimulasikan materi-materi kelas yang telah di dapatakan sebelumnya. Sehingga pada saat  kegiatan Eksplorasi Tangkelemboke dapat mengaplikasikan semua materi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang bersifat operasional yang akan dilaksanakan pada periode ini. Kegiatan operasional yang telah direncanakan yaitu kegiatan 3 bidang,” ungkap Ketua Umum Korpala Unhas, Ian Winarto.

Disebutkan Ian Winarto, Ketiga bidang tersebut, bidang panjat tebing, bidang susur gua, dan bidang gunung dan rimba. Dimana sebelumnya bidang panjat tebing telah selesasi melaksanakan operasi pemanjatan tebing di Buntu Kanaan, Kabupaten Tana Toraja selama 7 hari.

Sekadar diketahui Korps Pencinta Alam (KORPALA) Universitas Hasanuddin adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas yang berlatar belakang kepecintaalaman. Korpala Unhas memiliki kegiatan baik operasional seperti bidang gunung dan rimba, bidang panjat tebing, bidang susur gua, bidang arung sungai dan laut, maupun non operasional seperti bidang kerumahtanggaan, bidang peralatan dan perlenglengkapan, serta bidang data dan informasi.

News Feed