by

Sudirman Said Tegaskan Relawan PMI Melayani Tanpa Pandang Bulu

FAJAR.CO.ID, PAPUA — Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said, meminta relawan PMI fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

Sudirman berharap, relawan PMI tak membeda-bedakan saat melayani warga. Sudirman juga mengapresiasi para relawan PMI Papua Barat yang bekerja keras selama pandemi berlangsung.

“Dalam situasi yang tidak mudah, dan ditengah keterbatasan, relawan PMI terus bergerak membantu warga.  Kami memberi apresiasi atas dedikasi yang luar biasa,” ujar Sudirman.

Sudirman juga berpesan keada pengurus PMI Papua Barat agar menjaga netralitas dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip gerakan kepalangmerahan. “PMI sebagai organisasi kemanusiaan, melayani semua tanpa pandang bulu,” katanya.

Mantan Menteri ESDM itu mengingatkan pentingnya kaderisasi di PMI. “Adalah penting perkuat kaderisasi, menyiapkan generasi muda untuk banyak terlibat dalam aktivitas kemanusiaan,” tambahnya.

Tokoh kemanusiaan ini juga mengapresiasi ketaatan warga Papua Barat dalam menjalankan protokol kesehatan. Sudirman berpesan agar masyarakat terus menjalankan kebiasaan baru dalam beraktivitas. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengurangi kerumunan;

“Di berbagai tempat ada warga menjual masker di pinggir jalan. Ini artinya masker sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Bila kebiasaan menggunakan masker ini terus dijalankan, Insya Alloh penurunan kasus covid-19 akan terus terjadi dan kita bisa keluar dari krisis ini,” tutur Sudirman.

Ketua PMI Sorong dr. Pahima Iskandar menuturkan, relawan PMI setempat sudah bekerja baik melawan pandemi. Sekarang, pihaknya sedang fokus pada percepatan vaksinasi.

“Covid-19 membuat kami harus melakukan penataan fokus kegiatan. Saat ini priroritas PMI Sorong adalah membantu pemerintah mempercepat vaksinasi,” tutur dr. Pahima, yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Sorong. (fin)

News Feed