by

Kala Teater Pertunjukan Virtual “Pagi 21 Menit”

KORANFAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Kala Teater didirikan di Makassar pada tahun 2006, sebuah perkumpulan yang bergerak di bidang seni dan budaya.

Perkumpulan ini berupaya mencapai visinya yaitu mengasah kepekaan antar manusia melalui program penciptaan seni pertunjukan, kolaborasi lintas disiplin seni, pelatihan, residensi, diskusi, dan penelitian budaya.

Sejak dunia menghadapi krisis global, yakni pandemi, Kala Teater menyiasati hal tersebut dengan memindahkan medium pertunjukan dari panggung aktual menjadi panggung virtual.

Tercatat dari awal masa pandemi pada tahun 2020, Kala Teater telah melaksanakan beberapa nomor pertunjukan yang dilakukan secara virtual.

Siasat pertunjukan virtual tersebut terus dilanjukan di tahun 2021 yaitu “Di Balik Sinar Suram” karya Marx Carverhl sutradara Dwi Sastra Mario, adaptasi bebas Fred H. Wetik. Pertunjukan virtual ke dua di tahun ini, Kala Teater mempersembahkan pertunjukan virtual “Pagi 21 Menit” naskah Shinta Febriany dengan sutradara Nurul Inayah.

Pertunjukan “Pagi 21 Menit” mengangkat tema keseharian yaitu sebuah obrolan pagi yang tidak disengaja oleh tiga orang aktor.

Sutradara “Pagi 21 Menit”, Nurul Inayah, mengatakan pertunjukan ini membicarakan kejenuhan atas rutinitas, mempertanyakan perihal apa itu masa depan, harapan dan hal lainnya.

“Dari pementasan ini penonton diharapkan mampu merefleksi tema yang ditawarkan pertunjukan teater Pagi 21 Menit,” ujarnya.

Adapun aktor dan tim produksi yang terlibat adalah Syahrini Andriyani, Dwi Lestari Johan, Wawan Aprilianto sedangkan Dwi Sastra Mario sebagai Penata Set, Nirwana Aprianty sebagai Penata Kostum, Shinta Febriany sebagai Dramaturg, dan Dwi Lestari Johan sebagai Manajer Produksi.

Dwi Lestari Johan, Manajer Produksi Pertunjukan Teater Virtual “Pagi 21 Menit” mengatakan pertunjukan ini akan ditayangkan pada 10-19 September 2021 melalui akun youtube Kala Teater. (*/)

News Feed