by

Mandiri Hijaukan Makassar New Port

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Bank Mandiri turut berpartisipasi dalam program penanaman Mangrove yang diadakan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem perairan di sekitar proyek pengembangan Makassar New Port. Penanaman Mangrove dilakukan Sabtu, 11 September 2021.

Di tengah pembangunan yang semakin gencar, kita harus mendukung sistem yang orientasinya tidak merusak lingkungan. Solusi pembangunan ke depan adalah melalui green economy dengan mewariskan alam yang baik untuk generasi mendatang. Apalagi Kota Makassar merupakan sebagian besar wilayah pesisir, sehingga mangrove ini sangat bagus dibudidayakan karena memiliki daya serap yang baik, menjaga ekosistem laut serta menjadi penangkal ombak.

RCEO Bank Mandiri Region X Sulawesi dan Maluku, Muhammad Ashidiq Iswara atau akrab disapa Ozzy mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan salah satu upaya yang akan langsung terasa untuk memperbaiki ekosistem yang ada. Mangrove ini diharapkan akan menjadi filter untuk mencegah abrasi, limbah rumah tangga maupun filter karbondioksida.

“Sehingga pada saatnya bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Makassar, dan sekitar Makassar New Port pada khususnya,” ujar Ozzy.

Ozzy menambahkan, diibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak untuk memperbaiki ekosistem pesisir dan memperluas kawasan mangrove ini, baik itu dari pemerintah, swasta, akademisi, dan kelompok masyarakat.

“Kerja sama dari semua pihak adalah penentu dari pengelolaan mangrove yang berkelanjutan, termasuk seperti kegiatan yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia IV,” kata Ozzy.

Sebagai daerah pesisir, Mangrove ini berperan dalam menjaga abrasi dan amblesan tanah, serta merupakan mitigasi terhadap intrusi dan penggenangan akibat kenaikan muka air laut di Kota Makassar. Kolaborasi Bank Mandiri dan PT Pelabuhan Indonesia dalam penanaman mangrove ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah ruang terbuka hijau di Kota Makassar. (ramah)

News Feed