by

Pemkot Cari Calon Penerima Bansos

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —Bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19 sudah disebar. Rupanya, masih ada sisanya 29.512 paket.

Karenanya, Pemkot Makassar berlanjut mencari calon penerima lainnya. Penerima tetap berbasis RT/RW. Artinya, penerima berdasarkan data RT/RW setempat.

Pendataan penerima akan berakhir pada 19 September 2021. Artinya, masih ada waktu empat hari.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dissos) Makassar Rusmayani Majid menyampaikan data tetap dikumpulkan RT/RW dan diverifikasi tingkat kecamatan. “Cepat lambatnya penyaluran kembali ke kacamatan,” ujarnya, Rabu, 15 September 2021.

Untuk proses verifikasi data, Maya—sapaan akrab Rusmayani Majid— diprediksi tidak akan berjalan lama lagi. Itu karena sudah ada pengalaman dari tahap pertama.

Nilai paket bansos sama pada tahap satu, sebesar Rp200 ribu. Paketnya terdiri dari 10 kg beras, 2 liter minyak, 2 kilogram gula pasir, dan 15 bungkus mie instan.

“Pengadaannya kita lakukan setelah data rampung,” ucapnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan target bansos tetap 100.000 paket. “Penerima tetap berbasis RT/RW dan harus dipercepat,” katanya.

Pria yang akrab disapa Danny itu menegaskan proses tahap kedua ini tidak boleh lambat lagi. Lurah harus mendampingi betul RT/RW mereka.

Meski diarahkan cepat, Danny tetap mendorong adanya unsur kehati-hatian. Penerima harus betul-betul yang belum menerima bantuan apa pun baik dari pemerintah pusat maupun provinsi. (sal)

News Feed