oleh

Buntut Demo Warga, 40 Lurah Segera Diganti

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Demontrasi warga terhadap Plh Lurah Rappokalling M Hatta, membuat pemkot bereaksi. Mutasi lurah-lurah sedang dipersiapkan.

Dari 153 lurah se-Kota Makassar, 40 di antaranya dipastikan terganti. Jumlah itu terdiri dari 24 kursi lurah yang diisi pelaksana harian (Plh) baru-baru diberhentikan karena melanggar dan 16 kursi yang diisi pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar Siswanta Attas mengatakan mutasi lurah ini mendesak demi mendukung percepatan program di kelurahan.

“Terutama pencairan anggaran kelurahan itu harus ada definitif,” ujarnya, Kamis, 16 September 2021.

Selain dari Plh dan Plt itu, masih ada kemungkinan bertambah jumlahnya. Itu karena ada posisi sekretaris kecamatan (sekcam) yang kosong. Untuk mengisinya, sejumlah lurah dipromosi.

“Format mutasi sudah ada, tetapi untuk nama-nama, kan, kembali ke hak prerogatif wali kota,” katanya.

Siswanta menyampaikan hingga saat ini proses tinggal menunggu pengisian nama-nama. Nama-nama itulah yang menjadi hak prerogatif pimpinan. Sehingga untuk waktunya bisa dipercepat. “Intinya bulan ini akan dijalankan,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Karier dan Hak-hak ASN BKPSDM Kota Makassar, I Dewa Gede Widya Darma menyampaikan wali kota sementara menyusunnya. “Karena nama-nama sudah ada di wali kota,” katanya.

Jadwalnya, kata Dewa, kapan pun bisa. Sebab, tidak butuh persetujuan Kemendagri lagi. (sal)

News Feed