oleh

TMMD ke-112, TNI Rintis Jalan di Daerah Terisolir di Maros

FAJAR.KORAN.CO.ID, MAROS— Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 dibuka pada Rabu (15/9/2021). Tahun ini, TNI akan merintis jalan di desa-desa terpencil di Kecamatan Tompobulu.

Komandan Kodim 1422/Maros, Letkol Inf Budi Rahman mengatakan program TMMD ini akan berlangsung selama sebulan, mulai 15 September hingga 14 Oktober 2021. Desa sasarannya adalah Desa Bontomatinggi dan Desa Bontomanurung.

Program TMMD ini meliputi perintisan jalan, pembangunan masjid dan MCK. “Untuk jalan, 2.120 meter sudah kita buka. Kemudian 1.550 meter sudah terbentuk jalan. Kita masih akan kerjakan lagi 600 meter dan deker delapan titik untuk mencegah longsor,” ungkapnya pada acara serah terima peralatan di Markas Kodim 1422/Maros.

Selain kegiatan fisik, juga ada kegiatan non fisik seperti penyuluhan hukum dan narkotika. Dia optimis TMMD akan selesai tepat waktu.

“Targetnya seminggu sebelum penutupan 100 persen telah selesai. Namun targetnya kami dalam waktu sepuluh hari ini sudah finishing (rintisan jalan) karena menentukan proyek kami yang kedua untuk kelancaran materialnya untuk pembangunan masjid,” imbuhnya.

Kasrem 141 Toddopuli, Letkol Arhanud Elphis Rudy mengatakan TMMD akan sangat membutuhkan dukungan semua pihak. Bukan hanya dengan Forkopimda, tapi juga masyarakat itu sendiri. Dia pun mengapresiasi semangat warga setempat yang ikut berpartisipasi. Bukan dari kalangan pria, tapi ibu-ibu dan anak-anak juga ikut berpartisipasi.

“Pembangunan harus merata. Karenanya kita membantu masyarakat di daerah terpencik. Supaya mereka juga bisa membangun ekonominya,” pungkasnya.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengaku lokasi yang menjadi sasaran TMMD Kodim 1422/Maros ini sudah sangat tepat. Diakuinya kegiatan ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan.

“Saya berterima kasih kepada TNI. Ini adalah bentuk pengabdian. Kami tentu tidak akan menyia-nyiakan hasil yang nanti dicapai. Jika jalan sudah dapat diakses, maka sarana dan prasarana akan semakin baik ke depannya.” tandasnya. (rin/aha)

News Feed