oleh

Unhas dan KPI Gelar Konferensi Bahas Komunikasi Kemanusiaan

Prof Dwia berharap, media komunikasi dan industri penyiaran dapat berbasis pada kepentingan publik, tidak dipengaruhi oleh kepentingan sektoral.

“Dukungan SDM handal sangat diperlukan demi terciptanya media komunikasi dan industri penyiaran sehat, berbasis kemanusiaan. Unhas berkomitmen mengedepankan aktivitas kemanusiaan dalam berbagai kegiatan dengan spirit humaniversity,” kata Prof. Dwia.

Kegiatan resmi dibuka oleh Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan pengembangan berbagai sektor di Sulsel. Terkait seminar, beliau mengharapkan agar KPI bisa meningkatkan peran dan kontribusinya dalam mendorong siaran televisi berkualitas.

“Siaran TV berkualitas memiliki posisi strategis menghasilkan generasi cerdas melalui siaran yang edukatif,” kata Andi Sudirman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, menyampaikan terkait posisi strategis industri penyiaran dalam menghadirkan konten kreatif dengan informasi akurat untuk membersatukan bangsa. Industri penyiaran juga berperan melalui berbagai program inovatif untuk mendukung ekonomi kreatif berkelanjutan, dan mendukung pembangunan bangsa.

“Saya berharap ini menjadi forum menghasilkan pemikiran cerdas dan dapat disumbangkan untuk dikolaborasikan dengan berbagai pihak, demi mendukung terwujudnya Indonesia maju, Indonesia tangguh,” kata Sandiaga.

Narasumber lainnya yakni Syahri Nasution dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang “Industri Penyiaran Sehat di Era Digital”. Secara umum, beliau menyampaikan bahwa ATVSI sepenuhnya mendukung digitalisasi penyiaran. Hal ini salah satunya terbukti dengan ATVSI yang telah bersiaran simulcast di berbagai wilayah di Indonesia.

Setelah seluruh narasumber menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi, sesi kedua menghadirkan beberapa narasumber yang mewakili para akademisi dan industri penyiaran Indonesia.(rls/mukhlis)

News Feed