oleh

Mengukur Pandemi Menuju Endemi

Oleh  : M Ridha Rasyid Praktisi dan Pemerhati Pemerintahan

Mungkinkah mewujudkan suatu keadaan endemi daripada pandemi  yang terjadi sekarang ini?  Untuk menjawabnya ada beberapa variabel  alat ukur yang dapat di jadikan panduan yang kita sebut dengan kalibrasi. Khususnya kemerataan  vaksinasi. Ini sangat krusial untuk bisa membentuk herd community

Sesuai informasi terakhir jumlah vaksin yang sudah masuk ke Indonesia sekitar 209 juta dosis, yang terdistribusi belum mencapai 2/3 nya atau baru kurang lebih 160 juta. Berarti masih ada sekitar 40 jutaan yang belum tersalurkan. Prediksi untuk mencapai kekebalan  massal  70% dari jumlah penduduk atau sekitar 191 juta dari. Jumlah ini ini dikalikan dua yakni  382 juta vaksin yang dibutuhkan. Berarti kita masih butuh lebih dari 173 juta dosis vaksin. 

Kedua, tingkat persentase kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol  kesehatan masih di bawah 50 persen dari kondisi normal pemakaian masker yang harus mencapai 90 persen jumlah penduduk yang beraktivitas  di  luar  ruangan. artinya masih  sangat memprihatinkan untuk kemungkinan terjadinya penularan, ketiga, pola kebijakan antisipasi terhadap terjadinya mutasi varian baru dari virus ini. Terutama pada pintu pintu perbatasan keluar masuknya orang.  Keempat, konsistensi pemerintah dalam menerapkan kebijakan harus terus dipertahankan. Termasuk dalam hal ketersediaan anggaran  pelaksanaan program dan kegiatan itu seyogyanya   mendapatkan pos anggaran memadai. 

Metode Kalibrasi

Sesungguhnya cara kalibrasi adalah upaya yang terstruktur , sistematis dan kepastian untuk menelusuri hasil yang ingin di capai, karena  setiap unsur yang akan digunakan sudah dipersiapkan tingkat kemanfaatannya. Jadi bukan suatu eksperimen atau  sekedar uji coba, terlepas apapun hasilnya, itu urusan belakangan. Skeptisme berlawanan  dengan upaya mengalibrasi  setiap kebijakan yang  ingin dicapai dan terlepas pula dari hanya sekadar seremoni dan hura hura hura. Sebab, kita banyak menyaksikan cara yang dilakukan oleh masing masing daerah dalam menyusun program  dan kegiatan  tidak melalui suatu analisis kalibrasi yang cukup. Oleh nya itu, upaya mengalibrasi  perlu di buat.

News Feed