oleh

Prodesia Jajaki Kerja Sama Pemkab Maros

FAJARKORAN.CO.ID, MAROS — Tim Program Desa Dunia (Prodesia) tawarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros dalam memaksimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Desa dan Sumbar Daya Alam (SDA) Desa. Hal itu tertuang dalam audiens antara Prodesia dengan Bupati Maros, AS Chaidir Syam, Senin (20/09/2021) di ruang pertemuan Bupati Maros.

Prodesia adalah program yang berfokus untuk memaksimalkan SDM Desa dan SDA Desa melalui teknologi informasi.

Persentase ini disampaikan langsung Direktur PT Karya Bangun Informasi, Muhammad Yuslan.

Dia berharap Pemkab Maros dapat mendukung Prodesia kedeoammya.

“Program ini berpusat menjadikan Desa sebagai pusat sumber informasi, perdagangan, pariwisata berdasarkan Nasional dan Internasional,” jelasnya.

Menurutnya, segala potensi yang ada di Desa harus benar-benar dimaksimalkan.

“Kami menyasar Maros karena melihat tempatnya yang strategis. Kedepannya jika disetujui Maros akan jadi pusat perdagangan di Sulsel. Apalagi dekat dengan Bandara dan Pelabuhan,” jelasnya.

Nantinya kata dia, masing-masing desa akan didukung aplikasi teknologi. Dimana dalam tahapannya akan dibangun Tower sesuai dengan jumlah Desa.

“Nanti kalau masyarakat di Desa mau kirim barang, ekspor barang tidak perlu lagi ke Kota,” katanya.

Selain Maris, kata dia, beberapa daerah yang telah dikunjungi diantaranya, Pasang Kayu, Belitung dan sasaran selanjutnya Kalimantan.

Sementara itu Bupati Maros AS Chaidir Syam sangat menyambut baik rencana ini.

“Nanti akan dipertimbangkan kembali oleh Perangkat Daerah terkait. Akan tetapi dari pemaparan tim Prodesia kami sangat memandang banyak hal positif yang akan terjalin jika program ini berhasil diterapkan di desa-desa kita,” pungkasnya. (arini/ramah)

News Feed