oleh

Pelaksanaan Audit Mutu Eksternal Unhas oleh PT. SAI Global

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR  —  Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan Audit External Surveilans Manajemen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2015 dari PT. SAI Global. Kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut dari audit internal di lingkup Unhas yang telah dilakukan sebelumnya.

Temu Awal Audit Eksternal Institusi Unhas bersama PT. SAI Global berlangsung melalui aplikasi zoom meeting, Senin (20/9).

Andri Sulendra selaku Lead Auditor PT. SAI Global mengatakan bahwa proses audit akan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi aktivitas tinjauan manajemen yang telah dilaksanakan oleh setiap unit kerja selama kurun waktu satu tahun.

“Hal yang paling utama adalah hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mahasiswa yang saat ini masih terlaksana secara daring. Sehingga audit ini untuk memastikan bahwa penerapan sistem manejemen mutu dalam pencapaian kinerja oleh semua unit kerja telah berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” jelas Andri.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan bahwa Unhas telah berupaya secara optimal dalam memberikan pelayanan mutu pendidikan kepada mahasiswa, walaupun kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara daring.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menambahkan bahwa banyak unit kerja yang menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dalam upaya memberi pelayanan berbasi mutu dengan capaian yang dilakukan selama situasi pandemi.

“Di masa pandemi ini tidak mengurangi semangat sivitas akademik pada setiap unit kerja untuk melakukan terobosan dan karya inovasi dalam meningkatkan sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran mahasiswa,” jelas Prof. Dwia.

Unhas telah menunjukan capaian terbaiknya dalam situasi pandemi sebagai World Class University dengan mencapai pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Ranking SDG’s pada posisi 79 dunia dan posisi 2 Indonesia, serta masuk dalam daftar Quaquarelli Symonds (QS) World University Ranking (1001-1200 dunia dan 8-12 Indonesia). Sementara dalam pemeringkatan pada Scimago Institutions Rangking, Unhas berada pada peringkat 695 dunia dan peringkat 3 Indonesia.

Audit Eksternal Institusi Unhas bersama PT. SAI Global akan berlangsung hingga Kamis (23/09) kepada masing-masing unit kerja di Unhas dengan menerapkan metode Audit ICT / On Line. (rls/mukhlis)

News Feed