oleh

Kuliah Umum STIK TAMALATEA  Bekali Mahasiswa Menjadi Berjiwa Leadership

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar mengadakan kuliah umum yang diikuti mahasiswa baru tahun 2021. Berlangsung secara  semi Virtual dan melalui zoom meeting. Senin (20/10/2021).

Kegiatan kuliah umum kali ini, mengangkat tema “Penguatan sistem dan pengembangan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) berjiwa leadership dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru”, menghadirkan pemateri dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elizabeth Zakaria, SKM, M.Kes, yang merupakan sebagai alumni STIK Tamalatea Makassar tahun 1995.

Kesempatan ini, Ketua STIK Tamalatea, Dr. Rahmawati, M.Kes, M.Si, mengatakan, tema yang diangkat pada kuliah umum kali ini, didasarkan adanya tantangan yang akan dihadapi seorang pemimpin di masa depan dan tentunya tidak akan sama dengan kondisi masa lampau.

Menurutnya, kepemimpinan yang mampu dan siap untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, dan menggerakkan untuk berbuat sesuatu yang dapat mencapai suatu maksud atau tujuan tertentu dengan adaptasi Kebiasaan Baru.

“Harapan kami, semoga kuliah umum hari ini memberikan pencerahan, manfaat yang besar dan semangat baru bagi sivitas akademika menuju cita-cita, terutama bagi mahasiswa yang akan menjadi calon pemimpin masa depan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi niat aktivitas serta cita-cita mulia bersama-sama mewujudkan STIK Tamalatea Makassar menjadi lebih baik,” jelas Rahmawati.

Sementara itu, Wakil Ketua I, Bagian Akademik, Hasmah, SKM, M.Kes, menjelaskan, kuliah umum dilaksanakan dengan dosen tamu Elisabeth Zakaria, SKM, M.Kes, karena merupakan alumni STIK Tamalatea Makassar tahun 1995.

“Tujuan kita mengambil Ibu Elis sebagai pemateri, karena selain dia sebagai alumni kita, dia juga sebagai Kepala Dinas, di mana di tema disinggung tentang penguatan sistem, bagaimana pengembangan sumber daya kesehatan yang berjiwa kepemimpinan, seperti ibu Elis contohnya. Ini tentunya sebuah persiapan dalam menghadapi  kebiasaan baru nantinya, bagaimana tenaga kesehatan yang dapat diterima di masa pandemi ini”, ungkap Hasmah.

Salah seorang mahasiswa baru, Hartawati yang mengikuti kuliah umum ini, menyampaikan perasaan dan harapannya.

News Feed