oleh

Bupati Bantaeng Harap Peternak Makin Produktif

FAJARKORAN.CO.ID, BANTAENG — Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin kembali mengunjungi pelaku usaha yang telah mendapat bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW di Dusun Pa’bentengang, Desa Bonto Karaeng Kecamatan Sinoa, Rabu (22/9).

Di sana Bupati peraih ketahanan pangan terbaik nasional tiga tahun berturut-turut itu melihat usaha ternak ayam petelur “Suka Maju” milik Jamaluddin (35).

Pemuda ini bercerita dahulu usahanya kesusahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini karena kurangnya penunjang seperti jumlah bibit ayam dan penunjang lainnya.

Tahun 2020 menjadi titik cerah baginya. Usahanya itu setelah melalui beberapa tahapan akhirnya terpilih untuk mendapatkan bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.

Dia memperoleh bantuan tunai kurang lebih sebesar Rp 36 juta dari program unggulan gagasan Ilham Syah Azikin.

Bantuan itu digunakan dengan baik oleh Jamaluddin. Dia menambah bibit ayam petelur, memperluas kandang dan membeli penunjang lainnya. Berkat produksi yang meningkat, para pedagang telur biasanya datang ke kandang memborong telur hasil produksinya.

“Alhamdulillah, berkat program bantuan modal dari Pak Bupati, omzet saya terus meningkat,” kata dia.

Setelah sesi curhatnya dengan Ilham Syah Azikin, dia mendapat saran agar menyerap dan memotivasi tenaga kerja atau anak muda milenial di dusunnya.

“Sesuai saran dari Pak Bupati, saya juga ingin menambah pekerja,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin berharap kedepannya saat peternak makin produktif agar dapat menyerap dan memotivasi kaum muda untuk ikut menjadi pelaku di sektor pertanian dan peternakan.

“Sektor ini tetap kokoh di tengah pandemi. Kedepannya kita harapkan pelaku usaha mampu menyerap tenaga kerja yang ada di dusun dan RW,” harap Bupati peraih Penghargaan Pengelola Pembangunan Berkelanjutan Terbaik Nasional IVL itu. (*)

News Feed