oleh

LPPM Unhas Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Politik bagi Pemilih Pemula

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAROS  —  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar sosialisasi peningkatan kesadaran politik bagi generasi muda, di SMA Negeri 8, Kabupaten Maros, Rabu,22 September.

Pemilih milenial atau pemilih pemula di Maros diprediksi sangat besar di tahun 2024. Terhitung pemilih milenial ini memiliki banyak suara lebih dari 50 persen.

Kegiatan sosialisasi pemilih pemula dibuka langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam. “Di Kabupaten Maros, terlebih pada pemilihan serentak nanti, suara yang sangat besar berasal dari pemilih milenial,” ungkap Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Menurutnya, para pemilih pemula memang sudah seharusnya paham dengan politik. Mereka sebaiknya paham dengan pilihan yang akan dipilihnya. “Semoga pemilih pemula ini bisa memilih orang-orang yang tepat untuk memimpin Kabupaten Maros dan Negara tercinta kita ini,” jelas Bupati Maros.

Ketua Tim LPPM Unhas, Andi Lukman Irwan mengajak calon pemilih ke depannya bisa lebih mengetahui konteks politik. “Sosialisasi pendidikan politik ini dilakukan kepada kelompok pemilih pemula agar lebih faham politik. Adik-adik pemilih pemula ini diberikan pendidikan politik agar lebih melek politik,” terangnya.

Pemilih pemula ini, kata dia, wajib menjadi pemilih yang cerdas dengan mengetahui cara penyaluran hak pilih yang berintegritas. “Harus dengan cara berintegritas, baik itu  Pileg, Pilpres, maupun Pilkada,” sebutnya.

Sasaran peserta sosialisasi kali ini adalah peserta didik kelas 12 yang merupakan kelompok pemilih pemula yang pertama kali akan menggunakan hak pilihnya. Sehingga, perlu untuk ditanamkan pengetahuan awal tentang politik. Ini juga menjadi salah satu cara mengurangi money politik.

“Kita berharap peserta sosialisasi ini bisa menginisiasi di lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal mereka dalam membangun kesadaran politik yang baik,” pungkas Andi Lukman.(rin/mukhlis)

News Feed