oleh

WR III Lepas Tim Eksplorasi Tangkelemboke Korpala Unhas

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR  —  Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes, secara resmi melepas tim Eksplorasi Tangkelemboke Korps Pencinta Alam (Korpala) Universitas Hasanuddin (Unhas), di ruang WR III Unhas, Rabu (22/9/2021).

Acara pelepasan ini dihadiri Pembina Korpala Unhas, Ketua Umum Korpala Unhas, Tim Eksplorasi Korpala Unhas, dan para Pengurus Korpala Unhas.

“Kami dari pihak kemahasiswaan Unhas sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ilmiah seperti ini, yang seharusnya mampu dikembangkan para lembaga kemahasiswaan,” jelas Prof. Arsunan, yang juga merupakan pendiri dan Ketua Pertama Korpala Unhas.

Menurutnya, lokasi pegunungan Tangkelemboke di Kolaka Utara ini, masih belum terjamah oleh instansi luar dari kegiatan penelitian.

“Kami berharap dari kegiatan ini, ada data terbaru terkait karts Kolaka Utara yang bisa dimuat di jurnal ilmiah,” harap Arsunan Arsin, yang oleh teman-temannya, termasuk para mahasiswa, akrab memanggilnya Kak Cunan.

Setelah pelepasan secara resmi oleh WR III Unhas, Tim Eksplorasi ini akan diberangkatkan pada Jumat, 24 September 2021, dengan enam personel yang merupakan atlet dan anggota tim pendukung, masing-masing; Rechardy Nura’ Bandaso’ (Ketua Tim) dari Fakultas Pertanian, Muh. Ilham (Pimpinan Operasi) dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Muhammad Nur Akram (Atlet) dari Fakultas Ilmu Budaya, dan dari tim pendukung, Ardi Adnan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Muhammad Riski dari Fakultas Ilmu Budaya, serta Walad Radillah Idham dari Fakultas Kehutanan.

Kegiatan Eksplorasi ini sebelumnya telah direncanakan dalam Rapat Kerja XXXIV Korpala Unhas, dan direalisasikan pada bulan September hingga Oktober, di mana sebelumnya tim telah melakukan beberapa persiapan, seperti pembekalan materi, latihan fisik, simulasi, persiapan peralatan dan perlengkapan, administrasi maupun finansial.

Rechardy Nura’ Bandaso’, Ketua Tim Eksplorasi Tangkelemboke Korpala Unhas mengakui, kegiatan ini akan dilakukan eksplorasi potensi gua yang ada di Pegunungan Tangkelemboke Kolaka Utara.

“Adanya data baru dari kawasan karst Tangkelemboke, mengingat daerah ini belum pernah tersentuh oleh aktivitas, baik itu dari petualangan maupun penelitian. Sehingga, bentuk data yang ingin diperoleh adalah data beberapa gua yang berpotensi menjadi salah satu gua dengan sinkhole terbesar di Indonesia, sistem hidrologi dan penelitian tentang biodiversity atau keanekaragaman hayati di sekitar pegunungan Tangkelemboke,” beber Rechardy.

News Feed