oleh

Pesan Rektor Unhas untuk Penerima LPDP: Jangan Lupa Bekal Ke-Indonesia-an

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., memberikan pandangan serta saran dan masukan mengenai hal-hal yang seharusnya dipersiapkan oleh penerima program beasiswa LPDP sebagai modal awal pendidikan, menjadi pemimpin dan berdampak pada peningkatan pembangunan bangsa.

Hal tersebut disampaikan pada talkshow bertajuk “Program Persiapan Keberangkatan Penerima beasiswa” dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan tema “Cross Culture dan Berbagi Pengalaman”, berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (24/9).

Persiapan Keberangkatan (PK) merupakan kegiatan pembekalan kepada calon penerima beasiswa LPDP. Kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan pola pikir, penanaman nilai-nilai idealisme, integritas, kemandirian, memupuk rasa nasionalisme, serta memiliki wawasan global.

Prof. Dwia menyampaikan bahwa ketika lolos menjadi salah satu penerima beasiswa LPDP, maka label sebagai seorang yang berprestasi melekat dalam diri. Tidaklah mudah untuk mendapatkan beasiswa dengan proses dan persaingan yang berat. Olehnya itu, kesempatan pengembangan pendidikan harus dipersiapkan secara baik. Bukan hanya sebelum keberangkatan, tapi juga bagaimana rencana saat dan setelah selesai studi.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menambahkan perlunya rencana yang matang terkait hal-hal apa saja yang harus dilakukakan ketika menuntut ilmu. Sehingga, selain memperoleh ilmu dan gelar, diharapkan mereka mampu memiliki koneksi dan manfaat lainnya yang dibutuhkan untuk pengembangan diri dan pembangunan bangsa.

“Bekal yang juga paling utama adalah tentang Indonesia. Kalian adalah perwakilan untuk memperkenalkan Indonesia pada bangsa lain. Bagian dari representasi Indonesia, bagaimana membawa Indonesia pada kancah internasional. Tidak lupa pula, perdalam pengalaman. Jangan pulang hanya membawa gelar, tapi perluas dengan banyak hal,” jelas Prof. Dwia.

Selain Prof. Dwia, hadir pula beberapa narasumber lainnya seperti Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si (Gubernur Jawa Timur), H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P (Gubernur Jawa Tengah), Arif Havas Oegroseno (Duta Besar RI untuk Jerman), Danang Waskito (Koordinator Fungsi Pengsosbud KBRI Roma) dan beberapa narasumber lainnya. (rls/mukhlis)

News Feed