oleh

Forum Sulsel Peduli Inisiasi Gerakan Bersih Pantai dan Tanam Pohon

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR  —  Sebagai Kota Maritim, Kota Makassar dikenal memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sayangnya keberadaannya kini banyak terusik dengan pembangunan yang cukup padat di daerah pesisir ditambah lagi volume sampah yang tidak terkontrol hingga dapat mencemari laut.

Berdasarkan fenomena tersebut, Forum Sulsel Peduli menginisiasi gerakan “Bersama Jumat Bersih (BJB)” dan mengajak seluruh stakeholder, baik perorangan, lembaga maupun Instansi lainnya untuk ikut bersama sama melakukan bersih bersih pantai, Jumat, 24 September.

Ketua Panitia Muh. Idris mengatakan, Bersih Pantai merupakan salah bentuk kegiatan yang dilakukan FSP bersama seluruh elemen masyarakat untuk membangun kesadaran masyarakat, pentingnya menjaga kebersihan laut.

“Kegiatan ini, juga merupakan rangkaian Hari Jadi Forum Sulsel Peduli yang ketiga. Bersih pantai dilakukan di Pulau Gusung dan Laelae, bersama 21 lembaga dan komunitas sebanyak 150 orang,” terang Idris.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian lembaga kami yang sudah lama berkecimpung dalam kegiatan sosial kemanusian,” sambung Idris lanjut.

Sementara itu, Ketua Umum FSP, Syamsu Rizal MI bersama Rektor UNM Prof Husain Syam terlihat menanam pohon bersama di Gusung.

Syamsu Rizal yang akrab disapa Deng Ical mengatakan, gerakan Bersama Jumat Bersih diharapkan melibatkan masyarakat umum.

“Jadi kita kolaboratif mengajak semua komponen mengambil bagian dalam kegiatan konservasi lingkungan. Siapa saja boleh terlibat, boleh mengklaim, silakan terlibat,” imbuh mantan Wakil Wali kota Makassar ini.

Sedikitnya 350 bibit pohon ditanam di sepanjang panatai Gusung dan Pulau Lae lae. Di antaranya pohon Ketapang, Kelor, pohon Tanjung, dan Kelapa Hybrida.

Harapannya, semoga semua masyarakat khususnya masyarakat warga Kota Makassar, untuk ikut terlibat meramaikan gerakan tersebut dan mengkampanyekan untuk tidak membuang sampah ke laut.

Rektor UNM Prof Husain Syam menyambut baik kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan pelbagai elemen masyarakat. “Kegiatan ini sangat baik demi menjaga lingkungan kita. Kami mengapresiasi kegiatan ini,” pungkas Prof Husain Syam.(rls/mukhlis)

News Feed