oleh

Catat! 4 Oktober, SMA Mulai Buka Lagi

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah sekolah di Sulsel sudah menyatakan diri siap menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Rencananya, Oktober mendatang sudah dimulai.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Hery Sumiharto mengatakan semua sekolah di Sulsel, khususnya SMA, sudah melaporkan diri siap menggelar PTM.

”Semua sudah menyampaikan untuk siap melaksanakan, tapi kan harus ada surat edaran dulu dari masing-masing pemerintah kabupaten/kota. Nah itu yang harus kita sikapi dan kita ikuti,” jelas Hery, Minggu, 26 September 2021.

Surat edaran tersebut harus dikeluarkan sebagai jaminan bahwa daerah mereka memang steril dari angka penularan Covid-19 dan status PPKM-nya. Sementara untuk Gowa dan Makassar, kata Hery, sudah mendapat lampu hijau.

”Nah, terutama Gowa dan Makassar, mereka yang sudah mengeluarkan edarannya, juga kepastian tentang level yang ada di kota Makassar dan Gowa. Jadi sudah dapat lampu hijau,” terangnya.

Kepala UPT SMAN 21 Makassar Andi Ernawati mengatakan mereka siap membuka kembali belajar mengajar di sekolah awal Oktober mendatang. Itu setelah mereka mendapat lampu hijau dari Wali Kota Makassar.

Tatap muka akan dilaksanakan kembali setelah Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan vaksin dosis kedua untuk siswa di sekolah yang terletak di BTP itu.

“Ya, kami rencananya di awal bulan 10, karena minggu depan sekolah kita akan dilaksanakan ANBK untuk kelas 10 dan 11, serta vaksin kedua,” ujarnya.

Jika merujuk waktu yang dimaksud, maka PTM kemungkinan mulai Senin, 4 Oktober. Sebab, hari pertama masuk sekolah biasanya Senin.

PTM juga memperkuat sinergi antara orang tua siswa dan pihak sekolah. Keterlibatan orang tua bukan hanya berkutat di ranag memberi izin untuk anaknya kembali bersekolah, namun sekolah juga mengikutsertakan para orang tua siswa(i) sebagai penentu kebijakan yang akan diterapkan dalam pelaksanaan PTM.

“Sabtu nanti kita akan rapat dengan orang tua siswa untuk membahas pelaksanaan tatap muka, sekalian juga kebijakan sekolah, apakah nanti hanya siswa yang sudah vaksin atau belum juga bisa ikut PTM,” paparnya.

News Feed