oleh

M99K dan Political Will Pejabat Publik

OLEH: Hasrullah/Ketua Kaukus M99K

Masjid 99 Kubah (M99K) dikabarkan akan mulai beroperasi akhir Oktober ini. Informasi ini termuat di media mainstream, khususnya Harian FAJAR, edisi Jumat 24 September 2021. Masjid yang berada di Jazirah Makassar Sulawesi Selatan ini merupakan tempat ibadah dan disebut termasuk ikon terunik 33 dunia. Masjid yang selama ini hanya menjadi “pajangan” di Pantai Losari, bahkan dijadikan background/selfi foto, baik turis lokal dan mancanegara.

Masjid 99 Kubah, awalnya memang dikhawatirkan akan terbengkalai. Padahal, bangunan ibadah ini sangat diharapkan dan menjadi bagian dari upaya memperkuat basis keagamaan dan moralitas dalam berbangsa dan bernegara. Maka, patut diapresiasi, keputusan Plt Gubernur Sulsel, Sudirman Sulaiman, ketika bertemu deengn Tim Kaukas di kediaman Beliau, 15 Maret 2021 lalu. Plt Gubernur berpesan akan melanjutkan dan mengawal pembangunan Masjid 99 Kubah.

Maka, jika Masjid 99 Kubah akhirnya beroperasi, maka kita kembali mendapatkan penegaskan, bahwa segala sesuatunya kembali pada political will dan kemauan politik seorang pejabat publik. Masjid yang didirikan sejak Juni 2017 ini adalah masjid yang didesain Guberbur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pemerintah Provinsi telah menggelontarkan dana di 2021 sebanyak Rp28 miliar dan tahap akhir 2022 Rp48 miliar.

Artinya, ada komitmen keseriusan dari pemimpin di daerah. Ini juga sekaligus menunjukkan bahwa memag sudah saatnya kita melepaskan diri dari paradigma selama ini dimana pejabat publik seringkali tak melanjutkan pembangunan dari pemimpin sebelumnya. Padahal, jika memang dirasa layak dan dibutuhkan, apalagi sudah menelan biaya tidak sedikit, maka seharusnya ada kesinambungan program dari kepala daerah yang satu ke kepala daerah berikutnya.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan tiga hal yang penting diperhatikan dan perlu ditempuh agar fungsi Masjid 99 Kubah sebagai rumah ibadah dan tempat pengembangan Islam, dapat berfungsi secara optimal dan mempunyai marwah pengembangan. Pertama, apakah pengelolaan Masjid 99 Kubah tetap dikelola pelaksanaan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel? Dengan pertimbangan, sebagai inisiator legacy berasal dari pemerintah, maka semua pengaturan ditentukan dan ditunjuk secara langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

News Feed