oleh

Efek Belajar Daring, Bosowa School Gelar Webinar Kesehatan Mental

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Sejak ditetapkannya virus covid-19 dengan status pandemi pada Maret 2020, pembelajaran luring di semua jenjang pendidikan dialihkan menjadi pembelajaran daring, yang mengakibatkan berubahnya proses pembelajaran dan membutuhkan adaptasi dari pihak guru dan siswa.

Belajar daring mempengaruhi fisik dan mental anak selama hampir dua tahun melaksanakan pembelajaran dari rumah. Berangkat dari isu tersebut, OSIS SMP Bosowa School Makassar (BSM) mengadakan webinar bertajuk’ Pengaruh Kesehatan Mental Siswa di Masa Pandemi’, Jumat, 24 September 2021.

dr. Herwina Sabaruddin, Sp. KJ, pemateri webinar ini menyampaikan, sejak beralihnya proses pembelajaran menjadi daring, anak mengalami kesulitan dalam beradaptasi yang menimbulkan stress yang dapat diidentifikasi dengan perubahan pada fisik, perilaku, dan emosi.

“Stress ini diakibatkan oleh berubahnya kebiasaan dan gaya hidup, terbatasnya interaksi dan aktivitas sosial, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang mengganggu konsentrasi anak,” tuturnya.

Dia menambahkan, orang tua dan guru sangat berperan penting dalam memperhatikan kesehatan mental anak dengan mengamati apabila terjadi perubahan signifikan seperti menghindari kegiatan sosial, turunnya prestasi belajar, menutup diri, gelisah, susah tidur, dan perubahan tingkah laku sehari-hari.

Ada beberapa tips dan trik dalam menjaga kesehatan mental anak yang dijelaskan dr. Herwina, yaitu latihan relaksasi pernapasan yang membuat kondisi lebih tenang, pendekatan spiritualisme, teknik grounding, teknik butterfly hug, atur pola tidur, lakukan self care, dan menikmati hobi atau kegiatan ekstrakulikuler lainnya sehingga anak tidak tertekan dengan pembelajaran di sekolah.

“Terdapat tiga jurus untuk menghadapi covid-19, yaitu IMAN dengan rutin beribadah, AMAN senantiasa mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19, dan IMUN yaitu istrihat teratur, berolahraga, bergembira dan menjaga pola makan,” jelasnya.

Mirna Kartika, Kepala SMP Bosowa School Makassar menambahkan, kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru dan siswa Bosowa School Makassar (BSM) dan Sekolah Alam Bosowa (SAB) ini diharapkan dapat memberikan semangat belajar secara fisik dan mental bagi semua pihak untuk tetap bertahan pada masa pandemi ini. (ramah)

News Feed