oleh

Loloskan 26 Judul ke Final PIMNAS 34, Unhas Peringkat ke-6 Terbanyak Nasional

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meloloskan 26 judul ke ajang final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021.  Hal ini tertuang dalam Surat Nomor 2200/J3/KM.02.13/2021 tentang Pengumuman dan Undangan Peserta PIMNAS ke-34 Tahun 2021 tertanggal 28 September 2021, yang ditandatangani oleh plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi.

PIMNAS merupakan kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah dilaksanakan dan memulai tahap penilaian berjenjang.  Tahun ini, PKM dilaksanakan dalam 5 bidang, yaitu: Bidang Riset Eksakta atau Bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RE atau PKM-RSH), Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), dan Bidang Karsa Cipta (PKM-KC).

Selain itu, juga terdapat tiga kategori gagasan, yaitu: PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Secara nasional, terdapat 735 judul PKM yang lolos untuk berkompetisi di tingkat nasional pada ajang PIMNAS tahun ini.  Seluruh peserta diharapkan mempersiapkan diri untuk ajang penilaian babak final yang akan berlangsung tanggal 26 – 30 Oktober 2021 secara daring. Universitas Sumatera Utara (USU) tahun ini akan bertindak sebagai tuan rumah.

Universitas Hasanuddin meloloskan 26 judul pada enam bidang.  Adapun sebaran Tim Unhas Lolos PIMNAS ke-34 Tahun 2021 Berdasarkan Skim, adalah:

– PKM Kewirausahaan: 3 judul

– PKM Karya Cipta: 2 judul

– PKM Penerapan Iptek: 2 judul

– PKM Pengabdian Masyarakat: 5 judul

– PKM Riset Eksakta: 11 judul

– PKM Riset Sosial Humaniora: 3 judul.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes menyambut gembira capaian yang diraih oleh para mahasiswa Unhas.  Capaian ini tidak terlepas dari peran pembimbing, para Ketua Program Studi, Ketua Departemen, serta jajaran pimpinan fakultas, yang secara konsisten melakukan pendampingan kepada mahasiswa.

“Kami ucapkan banyak terima kasih atas hasil perjuangan adik-adik mahasiswa, atas lolosnya masuk ajang PIMNAS 34. Kami berharap prestasi lolos PIMNAS ini, semakin terpacu dalam meraih medali di ajang PIMNAS 34 yang nanti akan berlangsung di Universitas Sumatera Utara sebagai pelaksana. Kami berharap adik-adik bisa mengibarkan panji almamater di PIMNAS tahun ini yang merupakan salah satu ajang paling bergengsi di tingkat nasional,” kata Prof. Arsunan.

News Feed