oleh

Peringati World Rabies Day, BBVet Pelayanan Kesehatan Hewan Peliharaan Gratis

FAJAR.CO.ID, MAROS –- Berkisar 30-an ekor hewan peliharaan, ikut dalam pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi rabies gratis di Aula Kantor Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros, berlangsung dua hari, dan berakhir, Rabu (29/9).

Kegiatan bakti sosial yang digelar Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros ini, merupakan rangkaian kegiatan memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies sedunia.

Ketua Panitia Pelaksana, drh. Wahyuni mengatakan, dalam rangka memperingati hari rabies sedunia, pihaknya menggelar pelayanan kesehatan hewan peliharaan secara gratis.

Pelayanan kesehatan hewan tersebut, disebutkan drh. Wahyuni, berupa pemeriksaan kesehatan hewan, konsultasi kesehatan, dan vaksinasi rabies. “Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan rabies,” ujarnya.

Dalam pelayanan kesehatan hewan peliharaan ini, pihaknya menargetkan 200 ekor kucing maupun anjing yang ikut serta.

“Kita target 200 ekor kucing dan anjing yang ikut serta. Tapi sampai siang ini sudah ada 30-an kucing dan anjing yang diperiksa,” sebut Wahyuni.

Menurutnya, sebelum vaksinasi hewan-hewan tersebut, terlebih dahulu diperiksa kesehatannya. “Jadi sebelum divaksin hewan-hewan ini harus dipastikan dulu kesehatannya. Sehat dalam artian dia tidak stres, suhunya normal, tidak cacingan,” ungkapnya.

Adapun suhu tubuh normal untuk hewan yang bisa divaksin yakni 37-38 derajat celcius. “Kalau lebih dari itu, kita tidak bisa melakukan vaksin, karena itu bisa menyebabkan stres bahkan kejang-kejang,” terang Wahyuni.

Dia juga menjelaskan, untuk hewan yang memiliki suhu tubuh tinggi akan ditaruh di dalam ruangan dengan pendingin ruangan, untuk menormalkan suhu tubuhnya.

“Setelah itu baru bisa dilakukan vaksin kembali,” ucapnya.

Selain pemberian vaksinasi, hewan-hewan tersebut juga diberikan vitamin dan obat cacing bagi hewan.

Sementara itu, salah seorang pemilik anjing, Cristin Natang mengaku, sangat terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan hewan peliharaan gratis ini.

“Apalagi kalau di luar itu, satu kali vaksin harganya Rp250 ribu. Itupun vaksinnya harus tiga kali dalam setahun,” kata Cristin, sembari menyebut, dirinya mengapresiasi vaksinasi rabies ini.

News Feed