oleh

Ratusan Orang Berkumpul di Markas Kodam, Ada Misi Kemanusiaan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Ratusan orang mendatangi Markas Kodam XIV/Hasanuddin, Rabu (29/9/2021). Tujuan mereka mulia, demi kemanusiaan.

Mereka mengikuti aksi sosial donor darah sebagai rangkaian hari jadi Kodam XIV/Hasanuddin. Kegiatan yang digelar di Lapangan Mokodam XIV/Hasanuddin itu berhasil mengumpulkan 502 kantong darah.

Kapoksahli Pangdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Kaharuddin mengatakan kegiatan donor darah merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI tahun 2021. Pelaksanaan donor darah tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian prajurit dan PNS TNI dalam mencermati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Khususnya masalah kebutuhan transfusi darah.

“Kita pahami bersama, bahwa sekarang ini kebutuhan masyarakat terhadap transfusi darah semakin meningkat. Permasalahan ini harus kita sikapi bersama sebagai upaya untuk menolong sesama kita yang sedang mengalami kesulitan pada saat membutuhkan darah,” kata Andi Kaharuddin.

Jenderal TNI bintang satu itu menuturkan terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh PMI saat ini harus disikapi dengan cepat. Setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa sesama manusia yang sangat membutuhkannya.

Oleh karena itu, dalam rangka menyambut hari ulang tahun yang ke-76, walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, TNI merasa terpanggil. Merasa ikut bertanggung jawab terhadap masalah-masalah sosial.

Terutama dalam membantu meringankan kesulitan yang dihadapi masyarakat terkait dengan terbatasnya jumlah darah yang diperlukan.

Hal ini sekaligus sebagai perwujudan salah satu jati diri TNI, yaitu tentara rakyat. Selain itu, kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat menggugah hati masyarakat pada umumnya dan keluarga TNI pada khususnya. Untuk senantiasa peka terhadap berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para prajurit dan PNS TNI yang akan menyumbangkan darahnya melalui kegiatan donor darah. Sumbangan darah anda sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang dan hal ini sekaligus mengangkat nama TNI di mata masyarakat dalam keikutsertaannya mewujudkan rasa kepedulian sosial,” ucapnya.

Kakesdam XIV/Hasanuddin Kolonel Ckm dr Azhari Ramdani menambahkan jumlah peserta donor darah sebanyak 703 orang. Namun, yang mememuhi persyaratan hanya 502 orang saja.

News Feed