oleh

Wajo Lolos Verifikasi Lapangan Penghargaan Kabupaten Sehat

FAJARKORAN.CO.ID, WAJO — Kabupaten Wajo tahap demi tahap makin dekat untuk mendapatkan predikat kabupaten/kota sehat atau penghargaan Swasti Saba. Kini Bumi Lamaddukelleng masuk tahapan verifikasi lapangan oleh tim dari pusat.

Saat ini Wajo jadi salah satu dari 36 kabupaten/kota yang lolos dokumen untuk diverifikasi lapangan. Sebelumnya, ada 155 kabupaten/kota dari 22 provinsi bersaing untuk sampai pada tahapan ini.

Dalam rangka pelaksanaan verifikasi lapangan, Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (FKKS) Wajo, Sitti Maryam, menerima tim verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat nasional di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Rabu (29/9/2021).

Turut hadir dalam penerimaan tersebut Pj Sekda Wajo, Andi Ismirar Sentosa, Kepala Bappelitbangda sekaligus Ketua Tim Pembina Forum KKS Wajo, Andi Pallawarukka, para pengurus Forum KKS, dan tim pembina Forum KKS Wajo.

Sementara, dari tim verifikator KKS tingkat nasional antara lain perwakilan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Dewi sekaligus merupakan Ketua Tim Verifikasi Lapangan KKS bersama Alisa. Lalu, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Adrian, sementara dari Sekretariat Negara (Setneg) Sofian bersama Fadli, yang akan melakukan verifikasi lapangan selama dua hari.

Ketua Forum KKS Wajo, Sitti Maryam, menyampaikan Wajo sudah malang melintang di kabupaten/kota sehat. “Kabupaten Wajo sudah lama mengikuti ajang kabupaten/kota sehat Ini. Tahun 2011 Wajo meraih penghargaan KKS kategori Padapa. Kemudian 2013 meraih penghargaan kategori Wiwerda,” ucap Ketua PD Aisyiyah Wajo ini.

Ketua TP PKK Wajo ini melanjutkan, Wajo sudah mendapatkan penghargaan kategori tertinggi, yaitu Wistara sebanyak tiga kali, yakni pada 2015, 2017, dan 2019.

“Alhamdulillah kita sudah meraih kategori Wistara yang ketiga kalinya. Sejak tahun 2011 sampai 2019 lalu kita tidak pernah turun kelas. Kami bersama jajaran berharap dan sudah berusaha maksimal agar Kabupaten Wajo meraih Wistara yang keempat kalinya,” harapnya.

Sitti Maryam juga menuturkan, yang tergabung dalam forum Kabupaten Sehat Wajo adalah 100 persen non aparatur sipil negara (ASN). “Kami berharap esensi dari kabupaten sehat sesuai dengan filosofi Sengkang sebagai kota Sutera, yakni sehat, ulet, tertib, rapi, dan aman,” ucap istri dari Bupati Wajo, Amran Mahmud, ini.

News Feed