oleh

Pekerja Bakal Dapat Bantuan Upah dari Pusat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Bantuan Subsidi Upah (BSU) diusulkan untuk diperluas jangkauannya. Tidak hanya diprioritaskan di daerah Jawa dan Bali.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja, Surya Lukita Warman, mengatakan, pemerintah sedang menggagas untuk memperluas penerimaan BSU.

Tidak hanya diberikan kepada pekerja yang berada di wilayah PPKM level 4 dan level 3. Saat ini, masih ada sisa anggaran sebesar Rp1,79 triliun.

“Ini yang sedang kita usulkan untuk diperluas, termasuk ke Sulsel,” kata Surya usai rapat dengan Komisi IX DPR RI di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Kamis, 30 September 2021.

Surya memaparkan, data calon penerima BSU yang diterima Kemenaker dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 8.508.527 calon penerima. Kemudian setelah diverifikasi ditemukan 758.327 data pekerja yang duplikasi bantuan sosial (bansos) atau telah menerima bantuan sosial lainnya.

Data tersebut tidak memenuhi syarat penerima program BSU. “Dalam waktu dekat ini kita bersurat ke Menko Perekonomian agar disetujui. Kita berharap Pemprov juga bisa mensuport dengan bersurat ke pusat,” paparnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena sangat menyayangkan Sulsel tidak kebagian BSU. Padahal, di Sulsel juga beberapa kabupaten dan kota juga menerapkan PPKM level 4, seperti Kota Makassar dan Tana Toraja.

Walaupun penerapan PPKM-nya lebih lambat dibandingkan penerapan di Jawa dan Bali. Sesuai syarat Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

“Pertemuan ini bisa jadi tindak lanjut kita ke pusat. Bagaimana BSU ini juga bisa lending di Sulsel,” jelasnya.

Segera Bersurat

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerangan pihaknya juga akan segera bersurat ke kementerian terkait. Agar Sulsel juga bisa diprioritaskan kebagian BSU.

“Saya rasa kebijakan tersebut dapat diubah. Dengan mempertimbangkan parameter yang terjadi di daerah,” imbuhnya.

Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Brian Aprinto, menuturkan, jika memang Sulsel nantinya kebagian BSU, pihaknya akan segera mendata berapa banyak pekerja di Sulsel yang bisa mendapatkan BSU sesuai syarat.

News Feed