oleh

Fauzi Menyebut Perlunya Penguatan Personel Basarnas di Tiap Wilayah

-Fajar, Politik-143 views

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi mengungkapkan, perlunya penguatan pada personel dan kantor-kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di tiap wilayah se-Indonesia.

Hal ini diungkapkan Muhammad Fauzi saat melakukan kunjungan spesifik bersama anggota Komisi V DPR RI di Kantor SAR Bandung di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021).

“Kendala Basarnas yang umum terjadi di seluruh Indonesia adalah minimnya anggaran dan juga personel serta kantor Basarnas yang masih sangat terbatas di daerah. Sehingga terkadang tidak bisa hadir lebih cepat saat ada bencana,” katanya.

Anggota DPR dari Dapil Sulsel III ini menjelaskan, semestinya jumlah kantor Basarnas minimal setengah dari jumlah kabupaten/kota di tiap provinsi. Sehingga, jika terjadi bencana, Basarnas bisa lebih cepat untuk datang melakukan pertolongan.

“Kalau jarak tempuh dari kantor sudah lebih dari 3 hingga 5 jam itu sudah sangat tidak efektif. Sebab, tentu kecepatan pertolongan menjadi salah satu faktor penting,” tambahnya.

Upaya lain yang perlu ditingkatkan Basarnas dan juga lembaga terkait adalah memperbanyak pelatihan masyarakat sadar bencana sebagai bentuk antisipasi dini. Khususnya, kata Fauzi, di daerah-daerah yang memang dinilai memiliki potensi bencana tinggi.

“Basarnas dan juga BNPB atau juga kementerian terkait harus lebih banyak memberikan pelatihan ke masyarakat. Minimal mereka memiliki kemandirian dan bisa memberi pertolongan awal. Karena Indonesia ini sudah seperti supermarket bencana yang semuanya ada,” tandasnya.

Anggota Fraksi Partai Golkar tersebut berkomitmen untuk ikut memperjuangkan Basarnas terus diperkuat dari sisi anggaran.

Komisi V DPR RI melakukan pengawasan dan evaluasi terkait kegiatan Basarnas di Jawa Barat. Selain mendengar laporan kegiatan dan kendala, para anggota Komisi V juga melakukan peninjaun kantor SAR Bandung. (rls/mukhlis)

News Feed