oleh

LPPM Unibos Serahkan Dokumen Penelitian Budidaya Perairan di Jeneponto

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO  — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa (Unibos) yang diwakili oleh Dr. Ir. Sri Mulyani, M.M menyerahkan Draft Dokumen tentang Optimalisasi Pengelolaan Budidaya Perairan dan Konservasi Perairan Pesisir Teluk Laikang Kabupaten Jeneponto kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jeneponto, Arfan Sanre, S.H., M.M, Kamis (30/9).

Dokumen yang diserahkan langsung di Kecamatan Binamu-Jeneponto ini berupa; Naskah Akademik , Laporan Kemajuan Penelitian Terapan, Album Peta Budidaya Perairan dan Ekosistem,  Album Peta Kawasan Konservasi.

Dalam pertemuan,, Dr. Ir. Sri Mulyani, M.M menjelaskan tentang pentingnya hasil penelitian tersebut untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jeneponto pada program pembangunan ke depan, khususnya mempertimbangkan Zonasi Perairan, Konservasi Perairan, Jangkauan, Arahan Pengaturan, dan Ruang Lingkup Materi Muatan yang akan direncanakan akan dituangkan dalam rancangan Peraturan Daerah yang akan di susun pada lanjutan penelitian di tahun berikutnya.

“Pentingnya hasil pemetaan kawasan zonasi kawasan konservasi yang berlandaskan perlindungan ekosistem pesisir yang telah kami buat, terutama terumbu karang di Teluk Laikang yang selama ini belum dipetakan oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Arfan Sanre menyatakan hasil Draft Naskah Akademik tersebut yang telah diserahkan sangat membantu dalam pengambilan keputusan terkait perencanaan di sekitar, namun minimnya data terkhusus sebaran terumbu karang memberikan kesulitan tersendiri dalam menyusun rencana dan program di sekitar Teluk Laikang,

”Draft naskah yang telah diserahkan sangatlah membantu untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jeneponto pada program pembangunan ke depan,” tuturnya.

Acara penyerahan naskah ini di tutup dengan ucapan terima kasih LPPM Unibos yang diwakili oleh Ketua Penelitian Terapan Optimalisasi Pengelolaan Budidaya Perairan dan Konservasi Kawasan Pesisir Teluk Laikang Kabupaten Jeneponto, Dr. Ir. Sri Mulyani, M.M kepada mitra penelitian, Arfan Sanre atas bantuan yang telah diberikan selama kegiatan penelitian dan penyusunan  draft Naskah Akademik tersebut. (rls/mukhlis)

News Feed