oleh

PNUP Siapkan Jalan bagi Maba untuk Berwirausaha

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah menyiapkan peta usaha bagi mahasiswanya yang bercita-cita sebagai pengusaha. Jalan yang disiapkan itu pun sudah dimulai dari sekarang.

Hal itu ditunjukkan dalam Seminar dan Kuliah Umum Kewirausahaan yang digagas UPT. Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPT PKW). Mengangkat tema “Pengenalan dan Pembekalan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Baru PNUP 2021”, acara yang digelar di Aula Lantai 3, Kampus I, PNUP, Sabtu (2/10/2021), disambut antusias oleh seluruh Maba, baik yang hadir maupun ikut via online. Banyak Maba yang bertanya kepada narasumber yang disiapkan olej UPT PKW. Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain Zainuddin (Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan UKM Sulsel), Harianto La Sossong Albar (HIPMI Sulsel) serta Ir. A. Rais Petta Paladeng (Direktur PT. Dharma Agum Nusantara/Kadin Sulsel/Ketua IKA PNUP). Setiap narasumber memaparkan materinya secara sederhana dan disimak serius oleh para Maba.

Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar menekankan, kemajuan suatu negara akan terjadi jika jumlah pelaku usaha lebih dari 14% dari rasio penduduknya. Di Indonesia sendiri, baru mencapai sekitar 3%. Karena itu, PNUP berkomitmen kuat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan jumlah pengusaha, utamanya pengusaha-pengusaha muda. 

“Kita punya impian kuota pengusaha itu akan muncul dari para alumni kita,” kata Anshar. Melalui UPT. PKW, PNUP telah menyiapkan program-program pembinaan dan pengembangan kewirausahaan. Selain seminar, juga meliputi program Diklat penyusunan proposal bisnis persiapan kompetisi serta teknik pemasaran digital. Mahasiswa juga akan didampingi dan diikutkan serta dalam pameran-pameran wirausaha lokal maupun nasional maupun kompetisi kewirausahaan nasional.

Hasdaryatmin Djufri menyampaikan, tahun ini PNUP meloloskan 18 kelompok usaha (76 mahasiswa) dalam kompetisi nasional dengan memperoleh hibah usaha lebih dari Rp 200 juta. Kabar baiknya, kelompok PNUP merupakan peringkat kelima jumlah usaha terbanyak dalam kompetisi PWMV (Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi) tahun 2021. Turut hadir Ahmad Zubair Sultan (Wakil Direktur I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni),  Hasdaryatmin Djufri (Kepala UPT PKW),  serta seluruh panitia yang merupakan perwakilan dosen dari 6 jurusan yang ada di PNUP. (aha/aha)

News Feed