oleh

Mahasiswa Unhas Kenalkan Budaya Bira Melalui Festival Budaya di Hari Batik Nasional

-Event, Fajar-303 views

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA  — 15 Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tergabung dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Generasi Mahasiswa Ilmiah (Gemah) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) menyelenggarakan Festival Budaya Bira sekaligus memperingati Hari Batik Nasional, di Bira, Kabupaten Bulukumba Bira, Minggu (2/10).

Mahasiswa tersebut antara lain Muhammad Faizal (Ilmu Kelautan, 2017), Muh Fajrul (Ilmu Ekonomi, 2017), Muh Arwinsyah (Agribisnis, 2017), Amran (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, 2018), Ardiansyah (Ilmu Ekonomi, 2019), Takbir Mulawansyah (Peternakan, 2020), Abd Gafur (Akuntansi, 2018), Afni Afifa (Teknik Pertanian, 2018), Siti Aisyah (Statistika, 2018), Musdalifa (Ilmu Kelautan, 2019), Mustabsirah (Teknik Lingkungan, 2019), Nurul Halizah Firdauziah (Biologi, 2018), Munawwara Ildana (Peternakan, 2018), Juwita Septiana Aprisal (Ilmu Hukum, 2018), Sri Ulfa (Manajemen, 2019) dan Dosen Pendamping Dr Nursinah Amir SPi MP.

Kegiatan yang mengangkat tema “Ekspresi Karya Budaya Bira Langitkan Apresiasi” menampilkan beberapa pagelaran budaya diantaranya, Tarian Toraja, Tarian 4 Etnis, Tarian Mappadendang, Tarian Tope Le’leng, Paduan Suara, Musikalisasi Puisi, Live Music, dan Pameran Budaya. Seluruh kegiatan tersebut diisi oleh Pelajar dan Pemuda Bira.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa Bira, Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bira, Masyarakat Bira, dan Masyarakat Umum.

Dalam sambutannya Kepala Desa berterima kasih dan berharap agar kegiatan pengabdian ini berkelanjutan, “Desa Bira berterima kasih kepada tim PHP2D Unhas yang telah meluangkan waktunya melakukan pengabdian di Desa ini, kami juga berharap kegiatan seperti ini berkelanjutan dengan memberdayakan Kelompok Penenun dan Karang Taruna Bira,” harapnya.

Acara ini merupakan akhir dari seluruh rangkaian pengabdian PHP2D Gemah FIKP Unhas di Desa Bira, “Acara ini adalah puncak dari pengabdian tim kami di Desa Bira, sekaligus sebagai bentuk ucapan terimakasih kami karena telah diterima dengan baik di Desa ini,” ucap Muhammad Faizal selaku ketua tim.

Lebih lanjut, Izal sapaan akrabnya berharap agar pengabdian yang telah dilakukan dapat bermanfaat untuk Masyarakat Bira khususnya para pengrajin Tenun Bira, “Karena utama kami hadir disini, untuk meningkatkan kualitas dari Tenun Bira”, pungkasnya. (rls/mukhlis)

News Feed