oleh

Pertama di Luar Jawa, UMI Raih Akreditasi Unggul

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan Doa, zikir bersama dan Tasyakuran sebagai bentuk syukur atas capaian predikat kampus pertama di luar pulau Jawa yang memperoleh akreditasi Unggul.

Syukuran tersebut digelar di Masjid Umar Bin Khattab Kampus UMI, Jl Urip Sumoharjo, Senin, 4 Oktober. Predikat tersebut diberikan melalui Keputusan BAN PT No 859/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021 per 28 September.

Rektor UMI, Prof Basri Modding mengatakan apa yang di capai UMI merupakan hadiah dan amanah terberat. Pasalnya ini adalah tanggung jawab ke depan, agar UMI bisa mempertahankan segala yang baik-baik. 

“Apalagi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baru 11 yang diberi akreditasi unggul. Sehingga, UMI merupakan yang  pertama di luar pulau Jawa. Mengalahkan kampus negeri,” ucapnya.

Menurut Prof Basri, salah satu penilaian indikator atas capaian ini, di antaranya UMI memiliki banyak karya dan jurnal publikasi. Juga prodinya rata-rata punya akreditasi A, dan rutin membuat kegiatan yang sesuaian dengan jurusan.

Sementara untuk capaian akreditasi Unggul tersebut, Prof Basri membeberkan jika waktunya cukup panjang. Bermula setelah meraih akreditasi A,  UMI kemudian mempersiapkan untuk akreditasi unggul sejak 2018.

“Nah UMI lalu memasukkan 22 prodi juga yang sudah dapat Akreditasi A. Ini salah satu persyaratan supaya bisa dipertimbangkan,” ucapnya.

Setelah usulannya menjadi akreditasi Unggul diterima, UMI lantas membuat Instrumen Suplemen Konversi (ISK) dan pernyataan memenuhi syarat.

“Predikat unggul ini juga memperlihatkan bahwa kampus UMI memiliki perkembangan yang pesat,” ucapnya. 

Sebelumnya, dari 22 prodi S-1 UMI yang memiliki akresitasi A,  ada 9 prodi yang juga meraih akreditasi unggul ditahun 2020.

Wakil Rektor I Bidang Akademik & Pengembangan Sumber Daya Pembelajaran UMI, Hanafi Ashad mengatakan indikator yang menjadi penilaian atas capaian UMI ini juga dilihat dari aktivitas-aktivitas UMI.

Meski masa pandemi yang segalanya terbatas, tetapi UMI tetap gencar melakukan kegiatan. Salah satunya pembelajaran daring hingga seminar-seminar. 

News Feed