oleh

Begini Yayasan Kalla Latih Khusus Instruktur Jantung

FAJAR, MAKASSAR—Jantung adalah organ sangat penting. Perlu dijaga agar tetap sehat.

Atas alasan itu, Yayasan Hadji Kalla bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia menggelar program pelatihan klub senam jantung sehat angkatan II.

Kegiatan ini berlangsung kurun Minggu-Selasa, 3-5 Oktober 2021 di Gedung LPMP Sulawesi Selatan. Pelatihan ini hadir untuk calon pelatih yang nantinya akan menjadi instruktur klub senam jantung sehat.

Peserta yang mendapat pelatihan khusus ini diharapkan mampu menjadi instruktur bagi masyarakat Gowa, terutama kalangan usia dewasa yang rentan terhadap penyakit jantung.

Dalam program pelatihan ini, para peserta yang berjumlah 30 orang dari 30 wilayah kelurahan atau desa di Gowa menerima materi terkait kesehatan jantung, olahraga senam, dan kebugaran jantung. Hingga berbagai teknik dan materi pertolongan pertama pada orang-orang yang terkena serangan jantung. Ada pula materi terkait gizi dan pola konsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gowa Muh Fajaruddin beserta Ketua Yayasan Jantung Indonesia Majdah Muhyiddin Zain, dan Manager Bidang Kemanusiaan Lingkungan dan Kesehatan Yayasan Hadji Kalla, Abdul Hakim turut hadir dalam kegiatan ini.

Tak hanya itu, beberapa perwakilan dari IDI Makassar juga menyempatkan hadir. Abdul Hakim selaku Manager Bidang Kemanusiaan Kesehatan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla mengungkapkan bahwa dengan adanya program ini, maka akan lahir berbagai klub atau kelompok senam jantung dari berbagai wilayah di kabupaten Gowa.

Baik di tingkat kecamatan, kelurahan, hingga desa. Melalui program ini, 30 calon pelatih yang telah diberikan pelatih akan bertanggungjawab membentuk kelompok senam jantung di tempat asal masing-masing.

Saat program ini telah menjadi kegiatan rutin di tiap wilayah, maka akan semakin menurunkan resiko penyakit jantung bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kami siap memberikan, mengawal dan bersinergi dengan para stakeholder di Kabupaten Gowa untuk menyukseskan program ini,” katanya, Rabu (6/10/2021).

“Kita semua berharap bahwa melalui program ini, akan semakin banyak masyarakat semakin sehat dengan program senam jantung yang digalakkan di setiap sudut kabupaten,” tambahnya.

News Feed