oleh

Merawat Ekonomi di Ruang Ekowisata

Oleh: Rachmat Budianto Ketua Forum Lingkar Pena Ranting UNM

Gelombang pandemi Covid-19 mewabah hampir di seluruh belahan dunia. Telah merusak berbagai aspek tatanan kehidupan bangsa dan negara.

Banyak aspek yang ikut terpapar virus mematikan ini. Salah satunya sektor pariwisata. Berbagai sumber juga merilis beberapa informasi terkait pengaruh dari Covid-19 secara global, kajian tersebut baik dari lembaga international maupun nasional seperti United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Salah satu negara yang terdampak yaitu Indonesia yang juga mengandalkan pariwisata sebagai sektor yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Indonesia adalah negara yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun, semenjak adanya pandemi Covid-19 jumlah wisatawan mancanegara yang berwisata di Indonesia pada tahun 2020 tercatat 4,02 juta kunjungan. Turun sebesar 75,03 persen jika dibandingkan dengan kunjungan wisman tahun 2019 yang berjumlah 16,11 juta kunjungan (BPS, 2020).

Selain penurunan jumlah wisatawan, Covid-19 juga ikut mengubah paradigma masyarakat dalam berwisata. Adanya penerapan physical distancing, pembatasan kunjungan, akses akomodasi dengan standar sanitasi yang tinggi, fokus pemasaran group travel dialihkan menjadi free independent traveler.

Berdasarkan data publikasi Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2019, indikator kebersihan dan kesehatan masyarakat Indonesia mendapatkan poin 4,51 jauh di bawah rata-rata negara di dunia yang memiliki poin 5,60 (Calderwood & Soshkin, 2019).

Nilai tersebut menempatkan Indonesia di peringkat 102 dari 10 negara. Faktor ini perlu menjadi bahan pertimbangan pemangku kepentingan, mengingat Indonesia harus memberikan kepastian higienitas, kebersihan, kesehatan, keamanan dan keselamatan kepada wisatawan sebagai negara yang alur pendapatannya juga bertumpu pada sektor pariwisata.

Tentu hal ini juga akan menjadi tantangan bagi para stakeholder pariwisata untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi para wisatawan mengingat pariwisata akan menjadi denyut awal kebangkitan perekonomian pasca pandemi covid-19.

Ekowisata Solusi Ekonomi Sehat

Ekowisata adalah suatu perjalanan yang bertanggungjawab ke daerah-daerah dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan, menopang kesejahteraan masyarakat setempat, melibatkan interpretasi dan pendidikan lingkungan hidup (The International Ecotourism Society, 2015).

News Feed