oleh

Tak Jadi Seumur Hidup, Pembunuh Selebgram Dituntut 12 Tahun

FAJAR, MAKASSAR—Masih ingat selebgram Makassar, Ari Pratama? Dia dibunuh oleh pacarnya sendiri, Aisyah Afiqah Amiruddin.

Kasusnya kini berproses. Aisyah dituntut 12 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar menjeratnya dengan pasal 340 KUHP subsider pasal 338.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Makassar Andi Khairil mengatakan terdakwa dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana menghilangkan nyawa. Dia dijerat pasal 340 KUHP subsider 338 sesuai dengan dakwaan primer.

“Sidang tuntutannya Selasa, 5 Oktober kemarin, dan ketua majelis hakim Faisal Akbaruddin Taqwa. Kami tuntut 12 tahun penjara,” kata Andi Khairil, Rabu, 6 Oktober 2021.

Lebih lanjut mantan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Lapri ini mengatakan sidang lanjutan akan digelar pekan depan. Agendanya adalah pembelaan dari terdakwa.

“Agenda selanjutnya adalah pembelaan. Tanggal sidang adalah Selasa, 12 Oktober,” akunya.

Sekadar informasi peristiwa pembunuhan Ari Pratama terjadi pada Jumat, 5 Maret 2021. Saat itu Ari bersama pacarnya, Aisyah Alfika sedang berada di kamar 104 Wisma Topaz yang berada di Jalan Topaz Raya.

Tersangka menghabisi nyawa pacarnya karena kesal dengan janji korban untuk menikahi, namun tak kunjung terealisasi. Ari pun sulit dihubungi, panggilan telepon dan pesan WhatsApp pun tidak direspons selama sebulan.

Saat Aisyah berhasil menghubungi Ari pada Kamis sore (sehari sebelum kejadian), mereka janjian untuk ketemu di salah satu swalayan. Kemudian mengarah ke Wisma Topaz untuk menginap di kamar 104.

Tak lama berselang, mereka cekcok. Aisyah menagih janji Ari untuk dinikahi, namun tidak digubris dan tetap rebahan di kasur. Aisyah kemudian langsung mengeluarkan pisau dapur yang dia selipkan di pinggangnya, lalu dihunuskan. Terjadilah aksi penikaman yang berujung Ari meninggal. (edo)

News Feed