oleh

Euforia Penyambutan Mantan Napi

Novalia Tanasy

Universitas Muslim Maros

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAROS — Mengenakan kalung penyambutan ala Hawaii-an, menggenggam karangan bunga, plus disupiri sang kekasih yang mengendarai Porche merah yang mewah, Saipul Jamil disambut layaknya “pahlawan” di hari pembebasannya dari Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Rabu 02 September 2021 lalu.

Hal serupa juga terjadi ketika Lucinta Luna alias Muhamad Fatah keluar dari penjara 11 Februari 2021. Ia langsung melenggang ke Klinik Glafidsya Medika Jakarta, Lebak Bulus Jakarta Selatan untuk melakukan ritual kecantikan.

Baik Saipul Jamil maupun Lucinta Luna wajar saja merasa bahagia atas penyambutan keluarga maupun pendukung mereka setelah bertahun-tahun menjadi pesakitan. Tetapi bukannya penyambutan tadi terlalu “wow” untuk kesalahan yang mereka lakukan?  

Lucinta Luna misalnya, ia diharuskan meringkuk dalam penjara akibat penemuan dua butir pil ekstesi dalam tong sampah di rumahnya pada 20 Februari 2020 lalu, dan mendekam selama 1,5 tahun lamanya.

Namun karena ia dinilai kooperatif dan berkelakuan baik selama dalam menjalani masa hukuman, ia mendapatkan pengurangan masa tahanan selama 6 bulan melalui program Asimilasi Covid-19.

Sementara Saipul Jamil yang dijatuhi hukuman pada 14 Juni 2016 selama tiga tahun akibat mencabuli seorang pemuda di bawah umur di kediamannya. Namun bukannya berusaha berkelakuan baik, ia rupanya justru berusaha “meringankan” vonis dengan mengadakan upaya suap sebesar Rp250 juta terhadap majelis hakim PN Jakarta Utara.

Namun, bukannya pengurangan masa hukuman yang ia peroleh, ia justru kembali mendapatkan hukuman tiga tahun penjara terhitung pertengahan tahun 2017.

Namun, selepas keluar dari penjara, Lucinta Luna (32 tahun) berhasil eksis kembali di dunia hiburan dengan menjadi tamu undangan dalam berbagai acara, menerima endorse berbagai produk di Instagram miliknya hingga rating acara yang diisinya menjadi naik.

Di sisi lain, ada Saiful Jamil (41 tahun) yang mengklaim bahwa beberapa program televisi telah menghubunginya untuk mengisi acara setelah ia keluar dari penjara, kontrak-kontrakpun telah siap untuk diteken.

News Feed