oleh

Unhas Masuk Times Higher Education World University Ranking untuk Tiga Subyek

FAJAR, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali mencatatkan capaian membanggakan pada pemeringkatan tingkat dunia. Terbaru, Unhas berhasil mencapai posisi papan atas di Indonesia untuk pemeringkatan versi Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) by Subject.

THE membagi 11 subyek, yaitu Computer Science, Engineering, Clinical and Health, Life Sciences, Physical Sciences, Psychology, Art and Humanities, Bussiness and Economics, Education, Law, dan Social Sciences.

Berdasarkan informasi yang ditampilkan pada website THE World University Ranking, sebanyak 6 subyek yang berkaitan dengan ilmu eksakta/saintek telah diumumkan.  Universitas Hasanuddin berhasil menembus reputasi dunia dengan masuk pada list WUR untuk 3 subyek, yaitu:

(1) Clinical and Health:

Terdapat 6 universitas di Indonesia yang masuk daftar, Universitas Hasanuddin berada pada posisi 5 Indonesia, dan 601+ dunia.

(2) Life Sciences:

Terdapat 9 universitas di Indonesia yang masuk daftar, Universitas Hasanuddin berada pada posisi 6 Indonesia, dan 801+ dunia.

(3) Physical Sciences:

Terdapat 10 universitas di Indonesia yang masuk daftar, Universitas Hasanuddin berada pasa posisi 3 Indonesia, dan 801-1000 dunia.

Pengukuran yang dilakukan oleh THE WUR by Subject dimaksudkan untuk melihat performa perguruan tinggi berdasarkan  bidang ilmu tertentu.  Terdapat lima indikator yang dinilai, yaitu: sitasi, pendapatan dari sektor industri (industry income), prospek internasional (International Outlook), penelitian (Research), dan pembelajaran (Teaching).

Selain itu, terdapat empat variabel pemeringkatan yang dilibatkan, yaitu: jumlah mahasiswa penuh waktu (number of full time equivalency students), rasio dosen dan mahasiswa (number of students per staff), mahasiswa asing (international students), dan rasio perempuan dan laki-laki (female:male rasio).

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa capaian ini merupakan hal yang sangat membanggakan, sebab untuk pertama kalinya Unhas masuk dalam pengakuan World Class University by Subject.

“Ini adalah hasil dari upaya kolaboratif yang dilakukan secara simultan oleh semua elemen. Kita patut berbangga dengan capaian ini. Unhas membuktikan diri sebagai perguruan tinggi kelas dunia, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan subyek,” kata Suharman.

News Feed