oleh

Isu Kesehatan Mental Diangkat Jadi Tema Miniseri “Klub BUNUH DIRI”

-Event, Fajar-530 views

FAJAR, MAKASSAR — Tepat di Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2021, rumah kreatif Indonesia Sinema Persada mengumumkan produksi miniseri terbarunya. “Klub Bunuh Diri”, demikian judul miniseri tersebut, mengedepankan isu kesehatan mental.

Menurut sutradara sekaligus produsernya, Ichwan Persada, isu kesehatan mental sangat relevan, penting dan urgent untuk disuarakan saat ini.

“Dari tahun ke tahun statistik menunjukkan angka kematian karena bunuh diri terus meningkat. Terlebih saat pandemi dimana banyak orang kehilangan mata pencaharian, semakin banyak yang punya kecenderungan suicidal. Dan seharusnya kita semakin waspada dengan fakta-fakta tersebut, “ jelasnya.

Ichwan yang mengenyam pendidikan tinggi di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menekankan bahwa kepedulian terhadap kesehatan mental perlu terus menerus disuarakan.

“Klub Bunuh Diri” bercerita tentang anak-anak muda yang pernah ingin bunuh diri, mengalami gangguan kecemasan dan depresi, mengidap bipolar dan pernah diperkosa yang menimbulkan trauma luar biasa. Mereka ditampung di sebuah tempat bernama Klub Bunuh Diri untuk menemukan kembali diri mereka.

Di saat bersamaan, persahabatan dan cinta menghampiri mereka tanpa diduga-duga. Miniseri ini memajang jebolan Indonesian Idol 2020, Samuel Cipta dan ex personil girlband JKT48, Rachel Natasya.

Skenario ditulis langsung oleh Ichwan Persada berdasar pengalaman dan pengamatannya akan isu kesehatan mental itu sendiri. “Di lingkungan saya saat ini, ada crew saya yang mengidap bipolar, diantaranya juga ada yang sangat rentan depresi. Saya selalu mengajak mereka ngobrol dan meminta mereka untuk reach out ke siapapun termasuk ke saya jika sedang berada dalam kondisi mental tidak bagus. Sudah jadi tugas kita bersama agar orang-orang yang kita pedulikan dan sayangi tetap merasa dirinya penting dan tetap merasa ada orang-orang di sekelilingnya yang selau bisa dimintai pertolongan,“ tuturnya.

Produksi miniseri 6 episode ini direncanakan akan berlangsung pertengahan November 2021 dan dijadwalkan rilis di layanan streaming akhir tahun ini. (rls/mukhlis)

News Feed