oleh

Waspada, Pencurian Vinyl Billboard Makin Marak

FAJAR, MAKASSAR – Pengusaha reklame diresahkan dengan maraknya pencurian vinyl billboard di Makassar. Asosiasi reklame menduga ada unsur persaingan usaha.

Ketua Asosiasi Pengusaha Reklame Sulsel Indonesia (Apresi), Semestajaya mengatakan pencurian vinyl billboard sudah berlangsung lama. Bahkan sudah bertahun-tahun. Selama 2021 pun kian marak.

“Bahkan selama bulan ini hampir tiap malam ada pencurian,” katanya kepada FAJAR, Senin, 11 Oktober.

Korban pun mengaku sudah berapa kali melapor ke pihak berwajib. Namun pencurian masih saja terus terjadi. Pada 2020, pengusaha bahkan berinisiatif sendiri menangkap pelakunya. Kemudian diserahkan ke pihak kepolisian. Tetapi pencurian tidak berhenti.

Sebab itu, pria yang akrab disapa Jaya ini mengaku menduga ada unsur persaingan usaha yang pelakunya ingin merusak pengusaha reklame lokal. Sebab beberapa kali pelaku yang dipergoki itu menggunakan sarana mobil dan tangga untuk menurunkan vynil billboard itu. Mereka juga beraksi dengan tim.

“Kadang mereka beraksi dengan 4 orang dengan sarana mobil dan tangga,” katanya.

Sehingga itu, Jaya berharap polisi bisa mengungkapnya. Sebab beberapa laporan di Polsek hingga Polretabes Makassar hingga kini belum ada hasil.

Salah satu korban, Andi Yunirwin dari PT Taka mengaku terakhir kali melapor ke Polsek Panakkukang pada 30 Juli 2021 dengan laporan pencurian di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Urip Sumohardjo. Namun hingga saat ini belum ada hasil.

Bahkan setelah itu, ia berulang kali kembali kecurian. Pada Minggu, 10 Oktober, ia mengaku kembali kecurian vynil billboard di depan TMP itu. Hingga ia mengaku kembali mengalami kerugian sekira Rp600 ribu.

Jika dikalkulasi seluruh kerugian selama ini, ia menyebut sudah ratusan juta. Sebab tak hanya vynil saja yang dicuri, tetapi lampu led di billboard itu juga diambil. “Kalau lampu sekitar 600 biji itu hilang juga,” katanya.

Pemilik CV Iklan Media, Muttakin juga mengakui beberapa kali kecurian. Teranyar ia kecurian vynil billboard  di Jalan Metro Tanjung Bunga. “Di Tanjung Bunga ini sudah kali ketiga saya kecurian tahun ini. Di Jalan Hertasning satu kali dan kecurian lampu led tiga kali,” katanya.

News Feed