oleh

TBM Balik Diwa Makassar Mengabdi Melalui PHP2D

-Event, Sulsel-404 views

FAJAR, TAKALAR –- Senat Mahasiswa Instittut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM) Balik Diwa Makassar, mendapat kepercayaan dari Dirjen Belmawa Kemendiktiristek sebagai salah satu pelaksana kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di tahun 2021.

Kegiatan PHP2D ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang berkarakter, berjiwa sosial serta peduli terhadap pembangunan dan pengembangan desa.

Dosen ITBM, Buana Basir, S.Pi.,M.Si, selaku pembimbing program ini, dalam siaran persnya, Selasa (12/10), menyebutkan, kegiatan menyasar Pantai Wisata Lamangkia Dusun Lamangkia Desa Topejawa beserta masyarakat desa dengan mengusung Topik Pembinaan dan Pemberdayaan UKM Kuliner Ikan Berbasis wisata Pantai di Dusun Lamangkia.

“Kegiatan ini, dilaksanakan sepuhnya mahasiswa, dalam kurun waktu 5-6 bulan dengan berbagai kegiatan, di antaranya, pembersihan dan penataan lokasi wisata pantai, pembekalan keterampilan mengolah ikan, pemberdayaan usaha kuliner ikan, serta pembangunan Pemecah Gelombang Ambang Rendah (PEGAR). Setiap kegiatan yang dilaksanakan di dalam PHP2D senantiasa melibatkan peran serta aktif masyarakat Dusun Lamangkia Topejawa,” beber Buana Basir.

Menurutnya, Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) mulai berjalan di bulan Juli 2021 dan berakhir di bulan Desember 2021. Setelah itu akan senantiasa dilakukan monitoring dan pendampingan usaha kuliner ikan yang terbentuk pada saat pelaksanaan program oleh Tim PHP2D.

“Beberapa kegiatan yang telah dilakukan Tim PHP2D adalah bersih-bersih pantai yang dilaksanakan setiap pagi hari dengan sewaktu-waktu melibatkan ibu-ibu kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) Dusun Lamangkia, penataan letak gazebo dan tempat sampah, penyuluhan dan bimtek olahan ikan, budidaya ikan dan penggunaan alat tangkap ramah lingkungan bagi masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai nelayan. Salah satu kegiatan yang belum terlaksana dan sementara dalam persiapan adalah pembangunan PEGAR (Pemecah Gelombang Ambang Rendah),” jelas Buana Basir.

Sementara itu, Tim PHP2D yang diketuai Lilis Andriani, dalam menjalankan program berupaya melibatkan beberapa pihak sekaligus sebagai mitra agar kegiatan dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Audiensi ke beberapa instansi terkait dilakukan guna mendapatkan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan.

News Feed