oleh

Mahasiswa Unifa Lolos Kompetisi Desain Batik Internasional  

FAJAR, MAKASSAR — Kompetisi ternama internasional dari Iware Batik kembali mempersembahkan Virtual Ideas Hackaton Internasional Competition yang

berkolaborasi dengan UNESCO. Kompetisi ini berlangsung secara daring sejak 3 Oktober, dan akan berlangsung hingga 29 Oktober 2021 mendatang.

Melibatkan 926 orang peserta dari 33 universitas di seluruh Indonesia. Dari total tersebut, Universitas Fajar (Unifa) ikut terlibat dengan membawa 50 mahasiswanya ikut berkompoetisi. Mereka dari Program Studi (Prodi) Akuntansi dan Sastra Inggris.

Ketua Prodi Sastra Inggris Unifa, Andi Febriana Tamrin mengatakan, dari 50 mahasiswa yang ikut, ada lima orang  yang berhasil lolos dan menuju ke babak putaran pertama. Mereka ini membuat ide Fitur Baru untuk aplikasi Iware Batik.

“Jadi mereka membuat desain web motif batik lewat android. Batik ini konsepnya memakai batik khas Sulsel,” ucapnya.

Kata Andi Febriana, lima Mahasiswa yang berhasil lolos tersebut di antaranya satu orang mahasiswa berasal dari Prodi Sastra Ingris dan 4 lainnya berasal dari Prodi Akutansi.

Rektor Unifa, Mulyadi Hamid mengatakan, Iware Batik adalah salah satu website dan aplikasi seluler bebasis AI (Android/Ios), yang didanai Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan dan USI UNESCO Chair.

“Iware Batik ini dibuat setiap tahun untuk mengenalkan kekayaan batik Indonesia dan destinasi pariwisata Indonesia terutama kepada masyarakat dunia,” jelasnya.

Kata dia, mahasiswa diajak mendesain fitur web atau aplikasi lewat android. Desain ini menggunakan desain batik, lalu hasilnya kemudian akan dipresentasikan. “Unifa selalu berpartisipasi, dan tahun ini kami yakin mahasiswa ada yang bisa memperoleh juara,” tuturnya.

Babak final Iware Batik nanti, setiap peserta akan menampilkan karyanya dalam bentuk video dan dipresentasikan untuk lebih memperjelas isi dari ide yang telah di buat.

Babak final akan dilaksanakan  29 Oktober 2021 mendatang. Ini setelah babak pertama selesai di umumkan. Kompetisinya dilakukan secara online.(wis/mukhlis)

News Feed