oleh

Mahasiswa Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat Terima Pelatihan Motivasi

FAJAR, MAKASSAR — Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Pelatihan Motivasi Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga (D-III) Keperawatan, Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat Papua.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di Ruang GA 413 Lt. 4 Fakultas Kedokteran Unhas, Tamalanrea, Makassar, Selasa (12/10).

Ketua Panitia, Akbar Harisa, S.Kep.,Ns.,PMNC.,MN., menyampaikan pelaksanaan pelatihan ini bertujuan memenuhi proses pengembangan diri mahasiswa, sehingga mampu mengenali potensi diri. Hal ini dapat berpengaruh penting dalam menerima pembelajaran.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan dapat mahasiswa memiliki motivasi diri selama menjalani proses perkuliahan, dan mampu bersosialisasi di dalam kampus, serta mempersiapkan diri untuk melakukan praktek di Puskesmas dan Rumah Sakit. Kelak mahasiswa dapat menerapkan ilmunya di daerah asal, Kabupaten Asmat, Papua,” jelas Akbar.

Kegiatan resmi dibuka Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan, Syahrul Said, S.Kep.,Ns., M.Kes.,Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa dari daerah Asmat Papua untuk menuntut ilmu di Universitas Hasanuddin telah menujukkan semangat dan motivasi yang luar biasa untuk belajar.

“Dalam menghadapi tantangan masa depan di dunia kesehatan, tentu sebagai seorang perawat dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan memberikan pelayanan kesehatan optimal, dalam berbagai kondisi apapun yang dijalankan, berdasarkan standar prosedur dan kode etik yang berlaku,” jelas Syahrul.

Setelah sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dr. Dra. Irwani Pane, S.Psi, M.I.Kom, LCPC. Materi diawali dengan ice breaking games yang menyenangkan untuk menuntut fokus dan konsentrasi yang bertujuan menciptakan suasana yang nyaman diantara mahasiswa sebelum menerima materi.

Kegiatan berlangsung dengan diikuti sebanyak 77 mahasiswa yang terbagi kedalam dua sesi, yakni untuk sesi pagi diikuti oleh 38 mahasiswa angkatan 2019 dan sebanyak 39 mahasiswa angkatan 2020 mengikuti training motivasi pada sesi siang.(rls/mukhlis)

News Feed