oleh

Rebut Kembali Lahan Gedung Juang 45, Kinerja Perseroda Dijempol

-Fajar-338 views

FAJAR, MAKASSAR – Penguasaan kembali lahan eks penggergajian (Gedung Juang 45) seluas 4.357 M2 pada 4 Oktober 2021 lalu, yang dilakukan oleh PT. SCI (Perseroda Sulsel) mendapat tanggapan positif berbagai kalangan.

Pengamat Politik dan Perencana Pembangunan, Dr A Lukman Irwan menilai pengambilalihan aset tersebut memiliki nilai strategis bagi pengelolaan tata kota ke depannya.

Ini, kata dia, menjadi sejarah dan bukti kongkret ke publik sisi kinerja Perseroda Sulsel dibawah kepemimpinan Yasir Mahmud. Terutama untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang potensi aset yang dimiliki pemprov yang selama ini terbengkalai.

“Dengan peran profesionalisme kerja PT.SCI, ini berkontribusi dalam peningkatan PAD. Beliau berhasil mengimplementasikan kepemimpinan yang bersifat kolaboratif dengan adanya sinergi antar lembaga pemerintah dalam menata usahakan aset-aset pemprov yang bernilai strategis,” tutur Dosen FISIP Unhas tersebut.

Terpisah, Dosen Politeknik STIA LAN Makassar, Dr Alam Tauhid Syukur, berpendapat serupa. Pendekatan persuasif dan langkah hukum yang dilakukan Perseroda terbukti tepat dan jitu.

“Karena akhirnya mereka bersedia menyerahkan aset tanpa syarat, bahkan PT. SCI memberikan layanan kendaraan mengangkut barang-barang milik penghuni di bangunan tersebut,” kata Alam

Dirut Perseroda Sulsel, Yasir Mahmud menyampaikan akibat tidak dikelolanya tanah dan aset tersebut, berimbas pemasukan daerah menjadi terhambat dan kemungkinan diambil alih (diserobot) pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sampai saat ini, lanjut dia, tercatat 16 lahan dibawah penguasaan PT.SCI yang sebagian masih dikuasai pihak kedua dan pihak ketiga, akan dikembalikan secara bertahap.

Di antaranya; delapan unit Rumah Dinas di paotere, tanah Lepping seluas 18.084 M2, Ruko di Latanete Plaza, tanah Eks Jeneberang di Jl. Gunung Bulusaraung, tanah eks pabrik kapuk kelara Jl. Mesjid Raya, dan tanah Eks Penggergajian Jl. Bungaya Mappaodang seluas 2.790 M2.

“Tunggu gebrakan selanjutnya, kita akan kelola secara benar,” bebernya.

Sebelumnya, PLT Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menilai kinerja Yasir Mahmud secara profesional telah mewakili pemerintah dalam melaksanakan tupoksinya. Ia mengapresiasi karena Gedung Juang 45 sudah bisa dikelola PT SCI.

News Feed